Soal PKB Ingin Gabung PDI Perjuangan, Ini Penjelasan Thohari Aziz

0
729

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Menjelang pelantikan anggota DPRD Kota Balikpapan periode 2019-2024 pada 26 Agustus 2019 mendatang, sejumlah lobi-lobi politik telah dilakukan anggota DPRD terpilih.

Tak terkecuali, anggota DPRD Balikpapan terpilih dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Taufik Qulrahman yang secara resmi mengajukan permohonan bergabung di fraksi PDI Perjuangan, setelah sebelumnya ditolak oleh fraksi Partai Golkar Balikpapan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Balikpapan Thohari Azis mengatakan, beberapa hari lalu memang ada dari PKB menemui pengurus PDI Perjuangan meminta secara resmi untuk bisa diterima bergabung dengan fraksi PDI Perjuangan di DPRD Balikpapan.

“Saat itu saya lagi tidak berada di tempat, namun yang menerima adalah sekretaris DPC PDI Perjuangan bersama teman-teman fraksi. Dia mengajukan keinginan bergabung di fraksi PDI Perjuangan dengan menyerahkan bukti surat resmi pengajuan tersebut,” kata Thohari, sebelum berangkat ke Bali mengikuti Kongres V PDI Perjuangan, beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, surat sudah diterima dan nanti setelah kongres akan dirapatkan DPC karena ini lagi sibuk persiapan kongres dan sibuk pembahasan APBD Kota Balikpapan.

“Nanti lah setelah kongres kita bahas kembali. Saya ucapkan terima kasih atas kedatangan teman PKB. Mudah mudahan nanti bisa menjadi kawan ideologis bersama PDI Perjuangan,” terang Thohari.

Ke depan, jika PKB resmi bergabung di fraksi PDI Perjuangan maka kekuatan politik PDI Perjuangan di DPRD Kota Balikpapan semakin besar dengan jumlah kursi sebanyak 9 kursi yang terdiri 8 kursi PDI Perjuangan, plus 1 kursi dari PKB.

Lebih lanjut, ucap Thohari, dengan bergabungnya PKB di PDI Perjuangan, maka memudahkan PDI Perjuangan untuk melakukan mengajuan atau mengusung bakal calon Wali Kota maupun bakal calon Wakil Wali Kota Balikpapan pada Pilkada 2020 mendatang.

“Saya pikir itu lebih bagus. Artinya kalau sudah bergabung di fraksi ya tentunya harus satu irama dalam ideologi PDI Perjuangan yang nasionalis dan PKB religius, berarti Nasionalis Religius,” ujar Wakil Ketua DPRD Balikpapan ini sambil tersenyum.

Pihaknya juga mengaku senang dan wellcome dengan kedatangan Taufik Qulrahman dari PKB, karena berpolitik harus bersama dan tidak bisa sendiri-sendiri, harus kolektif dan harus kolegial.

“Yang penting, PDI Perjuangan rohnya adalah nasionalis, mekanismenya ada. Kita berharap bisa menyesuaikan karena dalam 1 fraksi harus saling mengisi dan saling memahami,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here