Baltim Masih Dambakan Rumah Sakit, Ini Kata Nurhadi Saputra

0
764

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Pembangunan di wilayah Kecamatan Balikpapan Timur jelang berakhirnya masa jabatan anggota DPRD Balikpapan periode 2014-2019, kembali dipertanyakan.

Salah satu pembangunan yang sangat diharapkan dan didambakan oleh masyarakat di timur Kota Minyak ini adalah keberadaan fasilitas kesehatan berupa rumah sakit. Meski, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah tersebut fasilitasnya sudah ditingkatkan.

“Keberadaan rumah sakit di Balikpapan Timur saat ini sangat didambakan warga dan sudah sangat mendesak karena pelayanan kesehatannya masih ditangani oleh Puskesmas,” ujar Nurhadi Saputra, anggota Komisi 4 DPRD Balikpapan dapil Balikpapan Timur saat ditemui Kabargupas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Nurhadi, sapaan akrab Nurhadi Saputra, keberadaan rumah sakit di Balikpapan Timur sangat dibutuhkan mengingat kapasitas Puskesmas di Kelurahan Manggar, Kelurahan Lamaru, dan Teritip belum memadai untuk kegiatan rawat inap.

Selama ini, kata politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Balikpapan, ketika ada pasien rawat inap harus dirujuk ke Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan, Rumah Sakit Restu Ibu, Rumah Sakit Siloam serta lainnya yang jaraknya cukup jauh. Hal itu jelas menjadi kendala dan sangat menyulitkan masyarakat, utamanya warga yang perlu mendapatkan pelayanan kesehatan darurat.

“Pembangunan rumah sakit di Balikpapan Timur ini tentu memerlukan anggaran yang cukup besar. Anggarannya juga harus menyesuaikan dengan kemampuan keuangan di Pemkot Balikpapan. Kondisi keuangan yang masih minim ini tentunya menjadi kendala, karena masih menyesuaikan skala prioritas,” terang Nurhadi.

Keberadaan Puskesmas 24 jam yang ada di Balikpapan Timur (Baltim) juga dinilai masih belum maksimal melayani masyarakat, khususnya masih kewalahan menampung pasien yang memerlukan fasilitas rawat inap.

“Saya berharap di APBD 2020 mendatang, pembangunan rumah sakit di Kecamatan Balikpapan Timur masuk di rencana strategis (renstra) pembangunan kota Balikpapan dan pembangunannya bisa segera terealisasi,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here