Kilang Terbakar, DPRD Minta Pertamina Tingkatkan Keamanan

0
616

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Kebakaran yang terjadi di kilang RU V Balikpapan mendapat tanggapan dari anggota DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur.

Anggota DPRD Balikpapan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Subari mengatakan, peristiwa kebakaran yang terjadi di kilang Balikpapan harusnya menjadi pelajaran bagi Pertamina. Terkhusus dalam melaksanakan pekerjaan di kilang agar meningkatkan keamanan dan keselamatan kerja.

“Kebakaran yang terjadi di kilang Balikpapan ini kan bukan pertama kalinya. Hendaknya, dalam melakukan pekerjaan peningkatan pembangunan kilang Balikpapan ini Pertamina harus lebih waspada lagi. Jangan terburu buru tapi tidak memperhatikan keselamatan dan keamanan pekerja dan masyarakat sekitar,” kata Subari saat ditemui kabargupas.com di Kantor DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Kamis (15/08/2019).

Dia menambahkan, pihaknya juga meminta Pertamina untuk meningkatkan pengawasan terhadap pekerja di dalam kilang Balikpapan yang melaksanakan pekerjaan tersebut. Terlebih, para pekerja yang mengerjakan objek sensitif yang mudah terbakar, seperti pipa minyak maupun lainnya.

“Sebagai anggota DPRD Balikpapan kami minta Pertamina untuk meningkatkan lagi keamanannya, utamanya saat melaksanakan pekerjaan pembangunan kilang Balikpapan serta mengantisipasi kembali terjadinya kebakaran,” tambah pengurus DPD PKS Balikpapan yang menjabat sebagai Ketua Bidang Polhukam ini.

Kebakaran yang terjadi di salah satu pipa di area kilang RU V Balikpapan menyebabkan warga yang tinggal di dekat kilang panik, Kamis (15/08/2019).

Terkait kebakaran ini, ujar Subari, DPRD Balikpapan berencana memanggil manajemen Pertamina Balikpapan guna mendapatkan informasi terkait peristiwa tersebut.

“Kami juga akan memanggil manajemen Pertamina untuk mendapatkan penjelasan terkait penyebab kebakaran, termasuk mengetahui ada tidaknya korban jiwa dalam peristiwa tersebut,” terang Subari.

Seperti diketahui, kebakaran di salah satu pipa di dalam area kilang RU V Balikpapan terjadi pada Kamis (15/08/2019) pagi, sekitar pukul 09.30 Wita, yang menimbulkan kepanikan warga Balikpapan, utamanya warga yang tinggal di dekat kilang RU V Balikpapan.

Api yang berkobar menimbulkan asap hitam tebal menyelimuti langit Kota Minyak. Dari penjelasan Region Manager Communication & CSR Kalimantan, Heppy Wulansari, kebakaran dapat diatasi tiga jam kemudian setelah Pertamina RU V mengerahkan 4 unit pemadam kebakaran (damkar) dan 1 unit trailer foam.

“Untuk lokasi api sudah dilokalisir dan jalur api utama berhasil dipadamkan. Saat ini masih belum diperlukan evakuasi dan pemadaman bisa ditanggulangi oleh Pertamina,” ujar Heppy Wulansari dalam siaran resminya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here