Pipa di RU V Terbakar, Warga Balikpapan Panik

0
1090

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Kepulan asap hitam nan tebal membumbung tinggi di langit Kota Balikpapan, membuat panik warga Kota Minyak, khususnya warga yang tinggal di sekitar kilang Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (15/08/2019).

Diduga, asap tebal tersebut berasal dari terbakarnya salah satu pipa di area kilang Pertamina Balikpapan. Warga yang bermukim di dekat kilang minyak Balikpapan pun panik dan keluar rumah menyaksikan peristiwa tersebut.

Tak hanya itu, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 09.30 Wita itu diketahui warga karena munculnya asap hitam yang terus membumbung tinggi ke angkasa.

“Sempat panik mas, waktu keluar rumah tiba-tiba asap tebal hitam terlihat membumbung tinggi di angkasa dari kilang Balikpapan. Gak tahu sebabnya apa,” ujar Indra Lesmana, warga Jalan Pandanwangi, Balikpapan Barat.

Dia berharap, kebakaran yang terjadi di kilang Balikpapan dapat segera diatasi hingga tidak meluas ke luar kilang serta dampaknya tidak sampai meluas ke pemukiman warga di sekitar kilang.

“Semoga tidak berdampak terhadap warga yang tinggal di sekitar lingkungan kilang,” harap Indra.

Kepulan asap hitam tebal yang diduga akibat kebakaran di dalam kilang Balikpapan dibenarkan Region Manager Communication & CSR Kalimantan, Heppy Wulansari. Melalui siaran resminya, Heppy Wulansari menjelaskan, kebakaran tersebut terjadi di salah satu pipa di area kilang RU V Balikpapan. Percikan api diduga muncul sekitar pukul 9.30 Wita saat dilakukan perbaikan pipa.

“Saat ini pemadaman api terus dilakukan oleh Pertamina RU V menggunakan media foam dan air dengan mengerahkan 4 unit pemadam kebakaran (damkar) dan 1 unit trailer foam,” kata Heppy Wulansari.

Dia menambahkan, saat ini lokasi api sudah dilokalisir dan jalur api utama berhasil dipadamkan. Kondisi kilang sudah aman dan masih belum diperlukan evakuasi, karena pemadaman bisa ditanggulangi oleh Pertamina.

“Penyebab kebakaran masih menunggu hasil investigasi oleh tim internal Pertamina,” ujarnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here