Wali Kota Sayangkan Sikap Pertamina Soal Kebakaran Kilang

0
841

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Kebakaran pipa di kilang Pertamina RU V Balikpapan yang sempat membuat panik warga Balikpapan, akhirnya mendapat tanggapan dari Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Jumat (16/08/2019).

Terlebih, kebakaran yang terjadi pada Kamis 15 Agustus 2019 kemarin menimbulkan asap hitam pekat membumbung tinggi di angkasa dan membuat khawatir warga yang berdomisili di sekitar kilang minyak Pertamina RU V Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, pihaknya mengaku kecewa atas kinerja Pertamina dalam menangani kejadian kebakaran di kilang karena tidak adanya koordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.

“Sampai saat ini saya belum mendapatkan laporan resmi dari Pertamina atas kebakaran yang terjadi di kilang Balikpapan. Harusnya, kejadian seperti ini bisa langsung dilaporkan ke saya, termasuk perkembangan pasca kebakaran,” ujar Rizal di Pemkot Balikpapan.

Dirinya juga menyayangkan sikap Pertamina yang seolah-olah tidak menganggap keberadaan Pemkot Balikpapan. Dan hanya melaporkan peristiwa kebakaran tersebut kepada pihak kelurahan yang ada di sekitar kilang Balikpapan.

“Ya sangat menyayangkan saja sikap Pertamina seperti ini. Selaku Wali Kota Balikpapan saya juga harus tahu kejadian sebenarnya karena kilang Balikpapan adalah objek vital nasional,” tambah Rizal.

Orang nomor satu di Kota Minyak ini juga mempertanyakan Standard Operating Procedure (SOP) yang diterapkan Pertamina dalam melakukan penanggulangan bencana. Sebab peristiwa ini bukan kali pertama, karena peristiwa kebakaran sebelumnya juga pernah terjadi hingga merenggut korban jiwa warga Balikpapan yang tewas terpanggang saat terbakarnya tumpahan minyak di Teluk Balikpapan.

“SOP dalam pelaksanaan kegiatan tersebut harusnya sudah jalan dan komunikasi intensif dengan Pemkot Balikpapan tetap dilakukan,” ucapnya.

“Saya masih menunggu penjelasan dari Pertamina terkait kebakaran di kilang tersebut, karena sampai saat ini Pertamina belum juga memberikan penjelasannya,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here