HUT Ke-74 RI, Ini Pesan Ketua DPRD Balikpapan

0
504

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Upacara pengibaran bendera merah putih dan detik-detik proklamasi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia juga digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (17/08/2019).

Upacara yang dipusatkan di lapangan Merdeka ini dipimpin Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dengan pembaca Teks Proklamasi Republik Indonesia Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh, dihadiri para pejabat Pemprov Kaltim, Muspida Balikpapan, anggota DPRD Balikpapan serta undangan lainnya.

Sebelum upacara pengibaran bendera dilaksanakan, aneka tarian tradisional dipersembahkan oleh ratusan warga untuk menghibur peserta upacara.

Pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019, berlangsung khidmat dan lancar.

Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdullah mengatakan, memaknai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 ini, yang pasti sebagai warga negara Indonesia harus menghargai dan menghormati pejuang-pejuang yang telah gugur dalam memperebutkan kemerdekaan dari penjajah.

“Banyak cara memaknai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 ini, diantaranya menghargai dan menghormati pejuang-pejuang yang telah mendahului kita. Sehingga kita bisa mengimplementasikan, memaknai generasi muda, dan seluruh masyarakat yang ada ini harus sama-sama berjuang untuk bangsa dan negara lebih maju ke depannya,” ujar Abdulloh saat ditemui kabargupas.com.

Dia menambahkan, selain memaknai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, cara lain dalam memaknainya adalah dengan mengisinya dengan berbagai kegiatan positif untuk membangun bangsa dan negara Indonesia. Tak terkecuali bagi warga Balikpapan untuk ikut membangun kota ini agar semakin maju.

Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh S. Sos (duduk kanan) saat menghadiri peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan Merdeka Balikpapan, Sabtu (17/08/2019).

“Khusus untuk warga Kota Balikpapan, saya berpesan agar pengorbanan para pahlawan yang telah mendahului kita juga menjadi semangat dalam meningkatkan dan memajukan pembangunan Kota Balikpapan,” pesan Abdulloh.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, di peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia ini Kota Balikpapan harus mampu menciptakan SDM yang unggul yang dapat bersaing dengan daerah lain.

Dia menambahkan, hal ini senada dengan tema HUT ke-74 Kemerdekaan RI yakni ‘SDM Unggul Indonesia Maju’. Pembangunan Sumber daya manusia merupakan salah satu visi Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan akan menjadi fokus utama pembangunan.

“Kota Balikpapan harus bisa lebih baik dibandingkan daerah lainnya, dengan menciptakan SDM yang unggul sehingga mampu bersaing dengan SDM dari luar daerah,” kata Rizal.

Menurut Rizal, sumber daya manusia yang unggul juga mampu meningkatkan daya saing dengan negara lain serta mendukung rencana pemerintah untuk melaksanakan pembangunan, sehingga negara Indonesia dapat menjadi negara yang maju.

“Dengan SDM yang unggul, kita berusaha untuk menjadi lebih baik dari pada daerah lainnya, dan menjadikan bangsa dan negara Indonesia semakin maju,” pungkas Rizal.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here