Meriahkan HUT RI, Warga Nunukan Gelar Pawai Bendera Kapal Kayu

0
252

Kabargupas.com, NUNUKAN – Masih dalam rangkaian memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, sekitar 30 kapal kayu di Kabupaten Nunukan mengikuti pawai bendera, Minggu (25/08/2019).

Pawai bendera kapal kayu yang digelar warga di Pelabuhan Tunon Taka, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara ini melibatkan Persatuan Pengusaha Kapal Pedalaman angkutan sungai di Nunukan bersama Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Modang, Lanal Nunukan, Kementrian Kelautan dan Syahbandar serta masyarakat Nunukan.

Pada kegiatan ini, pawai bendera merah putih menggunakan kapal kayu berkeliling di wilayah perairan terluar Indonesia di Nunukan yang berbatasan langsung dengan negeri Jiran Malaysia.

Danyon Yonif Rider 600/Modang Mayor Inf Ronald Wahyudi mengatakan, kegiatan ini terselenggara dalam rangka menjaga eksistensi keberadaan moda angkutan kapal kayu di Nunukan yang juga merupakan salah satu khasanah warisan budaya bangsa.

“Disamping itu juga merupakan bentuk perwujudan rasa cinta tanah air masyarakat Nunukan dan sekaligus memelihara jalinan rasa persatuan dan kesatuan bangsa kepada NKRI,” ujar Ronald.

Dia menambahkan, semboyan “nenek moyangku seorang pelaut” tercermin nyata dan dapat terlihat dari terpancarnya semangat para peserta yang turut mengarungi rute lautan dari pawai bendera ini.

“Rute di awali dari Pelabuhan Tunon taka berlanjut berlayar menuju ke perbatasan laut dan sungai sampai di titik sandar akhir yaitu di pelabuhan tradisional Sei Bolong,” tambahnya.

Dirinya berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa. Selain itu juga semakin meningkatkan ketangguhan dalam berlayar dan agar dapat lebih mengenal wilayah perairan Indonesia di perbatasan kepada masyarakat luas demi terwujudnya slogan dan moto HUT ke 74 Kemerdekaan RI ini yaitu “SDM Unggul Indonesia Maju.”

“Kemerdekaan RI merupakan anugrah dan kebanggan bersama bersama dan akan selalu menjadi hari peringatan yang sakral bagi seluruh warganegara di Indonesia di manapun berada,” pungkas Ronald.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati
Sumber : Pendam VI/Mulawarman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here