AKD, Thohari: Belum Satu Fraksi Serahkan Nama Calon Pimpinan

0
579

Kabargupas.com, BALIKPAPAN -Persiapan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) terus dilakukan anggota DPRD Balikpapan dari masing-masing fraksi.

Tak terkecuali, PDI Perjuangan yang dengan antusias juga telah mempersiapkan kader-kadernya untuk menempati sejumlah pos-pos penting di parlemen Kota Minyak ini.

Wakil Ketua Sementara DPRD Balikpapan yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Balikpapan Thohari Aziz mengatakan, komunikasi PDIP Perjuangan terkait dengan AKD di DPRD Balikpapan terus dilakukan. Saat ini PDI Perjuangan sudah menyiapkan personil-personil yang akan ditugaskan di masing-masing komisi dan alat kelengkapan lainnya.

“Semua sudah disiapkan diinternal tinggal nanti formalnya biar dikirim fraksi ke pimpinan sementara. Karena memang tugas pimpinan sementara yakni Pak Abdullah dan saya, yang pertama memfasilitasi agar fraksi-fraksi segera terbentuk dan bersurat ke pimpinan, setelah itu nanti pimpinan akan menyusun tata tertib alias tatib bersama anggota pansus tatib nanti yang dari masing-masing fraksi yakni tatib untuk pembentukan AKD,” ujar Thohari saat ditemui kabargupas.com di ruang kerjanya, Selasa (27/08/2019).

Dia berharap, dari PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra dan PKS sesegera mungkin juga mengirimkan nama calon pimpinan definitif biar segera pula dikirim ke Gubernur Kaltim untuk diterbitkan SK (surat keputusan).

“Kalau semuanya berjalan cepat ya kita akan cepat selesai juga, sehingga segera kita agendakan untuk orientasi anggota baru, seperti pengenalan tentang tupoksi pimpinan dan anggota DPRD,” tambah Thohari Aziz.

Lebih lanjut, Thohari menjelaskan, dalam mempersiapkan AKD sampai saat ini tidak ada kendala dan pihaknya barusan berkoordinasi dengan Ketua Sementara.

Hanya saja, sampai saat ini belum ada satu fraksi pun yang menyerahkan nama-nama calon pimpinan tersebut kepada Pimpinan Sementara karena hari ini merupakan hari pertama masuk kerja anggota DPRD Balikpapan.

“Saat ini belum ada yang masuk dan baru kita sampaikan secara formal atau secara lisan,” jelasnya.

Dia menambahkan, target untuk pembentukan AKD ini, khususnya pimpinan definitif pihaknya berharap bisa secepatnya dan tidak terlalu lama. Tapi semuanya tergantung dari fraksi-fraksi dan kalau fraksi segera mengirimkan nama-nama anggota fraksi sama AKD maka akan segera diselesaikan.

“Kita maunya satu bulan ini selesai, tapi tergantung dari teman teman fraksi. Kalau fraksi segera mengirimkan nama-nama anggota fraksi dan AKD, ya segera kita selesaikan. Kita sih berharapnya cepat,” tutur Thohari.

Kalau untuk PDI Perjuangan, terang Thohari, khusus untuk pimpinan, besok itu ada undangan untuk fit and proper test di Jakarta, yakni di DPP PDI Perjuangan dan dirinya yang dipanggil untuk mengikuti tes tersebut.

“Semoga semuanya lancar dan tidak ada kendala apapun hingga AKD bisa segera terbentuk dan kerja anggota DPRD Balikpapan bisa berjalan maksimal,” pungkas Thohari.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here