IKN di Kaltim, Ini Tanggapan Rahmad Mas’ud

0
668

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Dipilihnya Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 26 Agustus 2019 lalu, mendapat berbagai tanggapan dari masyarakat, tak terkecuali tanggapan dari warga Balikpapan.

Salah satu tanggapan datangnya dari Rahmad Mas’ud, warga Balikpapan yang juga Wakil Wali Kota Balikpapan. Terlebih lokasi IKN baru itu berada di dekat Kota Balikpapan, yakni Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, ditetapkannya Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar), Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan bersama seluruh elemen masyarakat, siap mendukung keputusan Pemerintah.

“Pada prinsipnya kita bersyukur ibu kota telah ditetapkan di PPU dan Kukar, yang jelas kita siap mendukung penuh arahan pusat, dan Kota Balikpapan siap bersinergi dengan semua pihak, manjadikan Kaltim sebagai ibu kota baru,” ujar Rahmad Mas’ud, beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, ditetapkannya PPU dan Kukar sebagai IKN baru tentunya sangat menguntungkan Balikpapan. Posisi Balikpapan sebagai penyangga dipastikan akan mendapatkan dampak perubahan, dari daerah biasa menjadi IKN. Seperti dampak ekonomi dan urbanisasi yang harus siap dihadapi, yang tentunya berbagai hal itu sangat mempengaruhi situasi kota Balikpapan kedepannya.

“Balikpapan, khususnya Pemkot harus mampu menangkap peluang akibat dampak perubahan status daerah tersebut. Perubahan yang terjadi bisa dirasakan masyarakat, baik berupa meningkatnya perekonomian maupun percepatan pembangunan. Terlebih Balikpapan adalah kota jasa,” tambahnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here