Tingkatkan SDM ASN, Pemkot Balikpapan Hibahkan Lahan ke LAN RI

0
643

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menghibahkan lahan seluas 3 hektar di kawasan lapangan Balikpapan Tennis Indoor Jalan BJ-BJ (Jalan MT Haryono Dalam) kepada Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Senin (02/09/2019).

Penyerahan hibah lahan tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan LAN RI di aula Kantor Walikota Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan.

Lahan yang dihibahkan tersebut rencananya akan dibangun gedung pengembangan sumber daya manusia (SDM) atau assessment center bagi aparatur sipil negara (ASN) di Kalimantan Timur.

Kepala LAN RI Adi Suyanto mengatakan, hibah lahan yang dilakukan Pemkot Balikpapan kepada LAN RI ini sebenarnya sudah dilakukan sejak jauh hari sebelum ada isu dipindahkannya Ibu Kota Negara (IKN), hanya saja kesepakatan antara Pemkot Balikpapan dengan LAN RI, baru bisa dilaksanakan saat ini.

Suasana diskusi dan pemaparan oleh Kepala LAN RI usai penandatanganan MoU dengan Pemkot Balikpapan.

“Rencananya lahan tersebut akan dibangun pusat pelatihan SDM bagi ASN Kota Balikpapan, khususnya ASN yang ada di Kalimantan Timur sehingga akan menjamin ASN lokal dapat bersaing dengan ASN yang akan pindah dari Jakarta menuju ke Kalimantan Timur saat menjadi IKN pada 2024 mendatang,” ujar Adi Suyanto saat ditemui Kabargupas.com.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, hibah lahan seluas 3 hektar kepada LAN RI ini merupakan bagian dari kerjasama dengan Pemkot Balikpapan yang nantinya akan dibangun pusat pelatihan bagi ASN Kota Minyak.

“Jika pusat pelatihan bagi ASN dibangun di Balikpapan, maka akan sangat menguntungkan bagi daerah sangkutan, karena tidak hanya ASN dari Kota Minyak saja yang akan mendapatkan pelatihan, namun ASN dari daerah lain di Kalimantan Timur juga akan memanfaatkannya sebagai tempat untuk mendapatkan pelatihan,” kata Rizal.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here