DLH Siapkan Mental Petugas Kebersihan Sambut IKN

0
280

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Ditetapkannya dua daerah di Kalimantan Timur yakni Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru, mendapat tanggapan beragam dari berbagai elemen masyarakat di Balikpapan. Tak terkecuali, tanggapan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan, bidang kebersihan.

Kabid Kebersihan DLH Balikpapan, Subardiyono mengatakan, pihaknya menyambut positif ditetapkannya dua kabupaten di Kalimantan Timur sebagai lokasi IKN karena akan berdampak signifikan terhadap Kota Balikpapan.

“Kami menyambut baik dengan adanya IKN di Kalimantan Timur ini. Pastinya dengan adanya ibu kota tersebut, kerja Bidang Kebersihan DLH Balikpapan juga tidak ringan, tapi justru akan bertambah berat. Beratnya, karena nanti dipastikan juga akan bertambah penduduk serta bertambah pula kegiatan-kegiatan masyarakat yang ada di Kota Balikpapan,” kata Subardiyono kepada Kabargupas.com, Kamis (12/09/2019).

Untuk itu, tambah Subardiyono, mengantisipasi dampak pembangunan IKN ini pihaknya telah melakukan berbagai persiapan, utamanya menyiapkan mental anggota dari petugas kebersihan di DLH Balikpapan.

Kemudian, tutur Subardiyono, kelengkapan-kelengkapan bidang kebersihan DLH Balikpapan juga disiapkan yakni berupa sarana prasarana untuk kebersihan. Yang lainnya juga disiapkan secara maraton dalam rangka pelaksanaan sosialisasi di bidang 4, supaya gencar bahwa Balikpapan akan menjadi pintu gerbang IKN baru atau kota penyangga, terutama ketika hadirnya warga dari luar daerah yang melaksanakan kegiatan berskala nasional dan internasional berupa rapat dan sebagainya.

“Kegiatan ini dipastikan akan berlangsung cukup lama sampai berdirinya ibukota baru berupa bangunan pusat pemerintahan. Oleh karena itu, mulai bandara, jalan protokol, wilayah kota maupun jalan arteri, bahkan gang-gang yang ada di Kota Balikpapan, kita sudah melakukan kesiapan kesiapan untuk mengantisipasi timbulnya sampah-sampah yang ada di kota kita ini. Dan kita berupaya supaya sampah-sampah itu bisa nol persen, terutama yang berada di jalan protokol,” harap Subardiyono.

Mantan Kabid Trantib dan Tranmas Satpol PP Balikpapan ini menjelaskan, kalau sampah-sampah yang alami pihaknya meyakini pasti masih ada, begitu pula dengan sampah-sampah timbulan dari masyarakat.

Untuk mengantisipasi sampah timbulan tersebut, pihaknya telah menyiapkan petugas kebersihan tambahan dan menyicil sejumlah kegiatan supaya tidak buru buru kalau ada hal yang mungkin sifatnya mendesak, seperti adanya tamu besar dari luar negeri maupun lainnya.

“Untuk saat ini, kita masih melakukan rutinitas Bersih TPS yakni Selamat (Selasa-Jumat) TPS di Kota Balikpapan. Dan Alhamdulillah sampai saat ini sudah hampir 250an TPS dari 444 TPS sudah kita bersihkan dan tuntaskan,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here