Sabaruddin Minta Pemkot Balikpapan Selesaikan Ganti Rugi Lahan Stadion

0
1057

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Belum tuntasnya pembayaran ganti rugi lahan warga yang terkena pembangunan Stadion Batakan Balikpapan, juga mendapat perhatian dari anggota DPRD Balikpapan dari daerah pemilihan (Dapil) Balikpapan Timur.

Adalah Sabaruddin Panrecalle, anggota DPRD Balikpapan dari Partai Gerindra Balikpapan, yang menyayangkan tidak tuntasnya persoalan ganti rugi lahan di Stadion Batakan Balikpapan tersebut.

Padahal, Stadion Batakan Balikpapan sudah selesai pembangunannya dan telah dipergunakan untuk pertandingan sepak bola tim Persiba Balikpapan, baik pertandingan lokal maupun nasional.

“Pemkot Balikpapan seharusnya segera menyelesaikan persoalan ganti rugi lahan warga yang ada di Stadion Batakan. Apalagi persoalan ini terjadi sejak belasan tahun lalu, namun tak kunjung tuntas tanpa ada penjelasan dari Pemkot Balikpapan,” kata Sabaruddin saat menerima perwakilan pemilik lahan stadion di Kantor DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Kamis (12/09/2019).

Menurut Sabaruddin, dirinya akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Balikpapan selaku pelaksana pembebasan lahan, untuk menanyakan perkembangan permasalahan ganti rugi lahan warga di stadion yang hingga kini belum ada kejelasannya.

“Sebentar ya, saya lagi tanyakan ke Pak Yusri (Kadis PU Balikpapan, red) tentang permasalahan ini. Nanti saya kabari jika sudah ketemu sama dia,” tambah Sabaruddin.

Lebih lanjut, terang mantan Wakil Ketua DPRD Balikpapan periode 2014-2019 ini, ganti rugi lahan milik warga harusnya sudah diselesaikan sebelum pembangunan Stadion Batakan Balikpapan rampung dan dipergunakan untuk pertandingan.

“Oleh karena itu, saya minta Pemkot Balikpapan, dalam hal ini Dinas PU Balikpapan dapat menyelesaikan pembayaran ganti rugi lahan milik warga tersebut. Jangan sampai hanya karena ingin punya stadion megah, justru malah merugikan masyarakat. Ini tidak benar,” ucapnya.

Pihaknya juga meminta masyarakat, khususnya pemilik lahan untuk tidak memanfaatkan momentum tersebut dengan mencari keuntungan. Pemkot Balikpapan, menurut Sabaruddin, tentu punya alasan mengapa ganti rugi lahan tersebut belum terselesaikan.

‚ÄúSebagai wakil rakyat kami siap memfasilitasi persoalan terkait ganti rugi dan pembebasan lahan warga yang terkena proyek pemerintah. Karena jangan lagi diminta rakyat harus merelakan lahan untuk pembangunan. Karena hal itu rentan dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here