DPRD Inginkan Wali Kota Buka Pendaftaran Calon Sekda, Ini Kata Taufik

0
851

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan menginginkan Wali Kota Balikpapan untuk segera membuka wacana pendaftaran Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan. Pasalnya, masa jabatan Sekda Kota Balikpapan dikabarkan telah habis alias berakhir sejak Juli 2019 lalu.

Anggota DPRD Balikpapan Taufik Qulrahman usai mengikuti orientasi DPRD Kabupaten Kota se-Kalimantan Timur di Samarinda mengatakan, dalam undang undang yang diketahuinya adalah jawabatan Sekda adalah 5 tahun dan perpanjangannya satu kali (2 tahun).

“Sedangkan beliau (Sayid MN Fadli, red) menjabat sebagai Sekda Kota Balikpapan sudah 7 tahun. Dan itu harus segera dilaksanakan atau dibuka penawaran (open bidding) bagi pejabat Pemkot Balikpapan yang berminat menjadi Sekda (eselonnya sesuai),” ujar Taufik Qulrahman kepada Kabargupas.com, Kamis (19/09/2019).

Hal itu dilakukan, tambah Taufik, supaya ada sinergi dan roda pemerintahan di Pemkot Balikpapan ini berjalan dengan baik ke depannya. Kalau saat ini belum ada penjaringan dan pendaftaran bakal calon Sekda Kota Balikpapan, sampai kapan jabatan Sekda Kota Balikpapan dipegang oleh Sayid MN Fadli. Sementara masa jabatan Sekda Kota Balikpapan telah berakhir sejak Juli lalu.

“Kalau saat ini penjaringan calon Sekda belum ada, ini kapan. Ini yang kami pertanyakan. Ya harus open bidding, secepatnya,” ucap Taufik.

Menurut Taufik, hal ini dipertanyakan sebagai upaya untuk mengingatkan Pemerintah Kota Balikpapan, terkhusus kepada Wali Kota Balikpapan, karena jabatan Sekda Kota Balikpapan yang dijabat oleh Sayid MN Fadli sudah berakhir.

Jika jabatannya sudah berakhir dan masih memiliki waktu untuk mengemban tugas sebagai abdi negara (belum pensiun), maka Sayid MN Fadli harus pindah ke provinsi atau ke pemerintah pusat, mengingat eselonnya di Balikpapan sudah lebih tinggi.

“Mau kita sih secepatnya, kalau bisa Minggu depan sudah ada test dan open bidding langsung dan banyak yang layak kok untuk menggantikan beliau,” terang Taufik.

Di Pemkot Balikpapan saat ini banyak pejabat Pemkot yang bisa menggantikan Sayid MN Fadli sebagai Sekda. Bahkan jika direkomendasikan pejabat Pemkot Balikpapan yang bisa menggantikan posisi Sayid tersebut diantaranya Sudirman Djayaleksana, Elvin, serta Muhaimin.

“Muhaimin juga pantas menjabat sebagai Sekda karena kemampuannya dalam memimpin OPD terkait sudah tidak diragukan lagi. Terbukti dengan penanganan PPDB online maupun persoalan pendidikan lainnya,” pungkas Taufik.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here