Orientasi DPRD, Rahmatia: Akan Saya Terapkan Saat Bertugas

0
566

Kabargupas.com, SAMARINDA – Tanggapan positif disampaikan salah satu peserta orientasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) asal kota Balikpapan. Adalah Rahmatia (26), anggota DPRD Balikpapan dari partai Gerindra Balikpapan yang mengaku bangga bisa mengikuti masa orientasi bersama 44 anggota DPRD Balikpapan serta 45 anggota DPRD dari Kota Bontang dan DPRD Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Menurut Rahmatia, materi orientasi yang disampaikan para narasumber cukup menarik karena disampaikan oleh para pakar yang mumpuni dibidangnya, seperti Plt Kepala BPSDM Provinsi Kaltim Dr.Ir. HM, Aswin, MM, Dr Sudirman, Drs Bere Ali, M. Si serta lainnya.

“Materi yang disampaikan narasumber di masa orientasi ini juga cukup bagus. Begitu pula dalam penyampaian materinya, para narasumber juga membeberkan secara gamblang serta menyeluruh hingga dapat dipahami oleh peserta orientasi,” kata Rahmatia kepada Kabargupas.com, Rabu (18/09/2019).

Dia menambahkan, ada beberapa materi yang dinilainya cuku menarik dan bisa dijadikan bahan bahasan serta dapat meningkatkan wawasan sebagai anggota DPRD yang baru, yakni tentang fungsi, tugas, wewenang, hak dan kewajiban DPRD maupun materi lainnya.

Peserta orientasi DPRD tampak antusias menyimak pemaparan dari salah satu nara sumber dalam orientasi anggota DPRD yang digelar BPSDM Provinsi Kaltim di Hotel Harris Samarinda, Rabu (18/09/2019).

“Sebenarnya cukup banyak ya materinya, selama tiga hari ini kita dapatkan sudah dapatkan berbagai pengetahuan yang nantinya bisa diterapkan san manfaatkan ketika bertugas sebagai wakil rakyat. Apalagi saya baru kali ini mengikuti. Sangat penting ini bagi saya,” tambah Rahmatia.

Selain fungsi, tugas, wewenang, hak dan kewajiban DPRD, terang Rahmatia, sejumlah materi disampaikan para narasumber antara lain, materi tentang Pancasila, UU 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Wawasan Kebangsaan. Kemudian materi Internalisasi Integritas, Sistem Pemerintahan Indonesia, Pembangunan Daerah dan Pengelolaan Keuangan Daerah.

“ Materi lainnya adalah tentang hubungan kerja antara DPRD dan kepala daerah serta muatan lokal atau isu-isu actual. Yang jelas, banyak manfaat yang dapat saya ambil dari orientasi ini. Semoga pengetahuan dan ilmu yang saya peroleh di orientasi ini dapat saya manfaatkan untuk kepentingan masyarakat Balikpapan,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here