Kabut Asap di Balikpapan, Angkasa Pura I Bagikan Ribuan Masker

0
416

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Kabut asap yang melanda Kota Balikpapan akibat kebakaran hutan dan lahan menjadi perhatian jajaran PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Jumat (20/09/2019).

Perhatian tersebut diwujudkan dengan dibagikannya 4.800 masker kepada masyarakat, utamanya para pengendara kendaraan yang melintas di depan bandara dalam rangkaian kegiatan jalan santai dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Angkasa Pura I Balikpapan.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Farid Indra Nugraha mengatakan, kebakaran hutan Kalimantan yang mulai terasa dampaknya saat ini menyebabkan polusi udara, khususnya di Kalimantan Timur. Kondisi yang sangat memprihatikan ini direspon dengan melakukan kegiatan pembagian masker kepada pengguna jalan.

“Pembagian masker ini merupakan bentuk kepedulian PT Angkasa Pura I Balikpapan kepada pengguna jalan, karena kondisi udara sudah tidak sehat lagi, yang pembagiannya dimulai pukul 7 pagi,” kata Farid.

“Saya berharap kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan dapat segera diatasi, mengingat efeknya sangat berbahaya bagi pernafasan dan ditambah lagi dengan adanya jadwal penerbangan yang terganggu akibat kabut asap,” tukasnya.

Bandara SAMS Sepinggan dalam operasionalnya tetap beroperasi dengan visibility normal, namun beberapa Bandara di pulau Kalimantan menjadi kendala untuk terbang kesana yakni kabut asap yang mengurangi jarak pandang.

Untuk dampak penerbangan itu sendiri sejak tanggal 14 -19 September 2019 kemarin, tercatat 8 pesawat delay, 79 pesawat cancel, 4 pesawat return to base (RTB), 14 pesawat divert, 90 pesawat reroute dan 1 penambahan pesawat.

Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan telah memberikan pelayanan maksimal sebagai antisipasi bagi penumpang yang datang maupun berangkat, termasuk pelayanan menginap di Bandara di area lantai 4 keberangkatan dengan dibantu oleh personil Terminal Service, Customer Service dan Avation Security.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here