Karhutla di Berau, TNI dan Warga Padamkan Api Dengan Alat Seadanya

0
290

Kabargupas.com, BERAU – Puluhan hektar hutan dan lahan milik warga di Kampung Harapan Jaya, Kecamatan Segah, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, hangus terbakar, Selasa (01/10/2019).

Kebakaran ini sudah dua hari terjadi dan api semakin meluas hingga mendekati rumah warga dan perkebunan sawit. Kebakaran yang melanda 70 hektar hutan dan lahan di Kampung Harapan Jaya Berau.

Petugas gabungan dari BPBD Berau, TNI Polri dibantu warga terus berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Dari keterangan sejumlah warga, kebakaran sudah berlangsung dua hari.

“Penyebab api belum diketahui secara pasti dari mana sumbernya. Api secara cepat merambat ke mana mana lantaran semak yang kering memudahkan api semakin membesar,” ujar Dedi, warga Kampung Harapan Jaya.

Sementara itu, Danramil Segah Kapten Arm Rudi Cahyono mengatakan, kondisi semak yang kering membuat api semakin membesar dan kebakaran semakin meluas. Kebakaran hutan dan lahan selam dua hari ini telah menghanguskan lahan warga seluas 70 hektar.

“Pemadaman api terus kita lakukan bersama warga dan petugas lainnya dengan menggunakan peralatan seadanya. Upaya juga sudah kita lakukan maksimal, semoga api tidam meluas ke pemukiman warga,” ucap Rudi.

Hingga saat ini, terang Rudi, di Kabupaten Berau titik api atau hotspot diprediksi stasiun BMKG sudah mulai berkurang. Namun, potensi untuk terjadinya karhutla masih tinggi.

“Kami imbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan segera melaporkan jika terjadi karhutla di wilayah masing-masing,” pungkas Rudi.

Penulis: Nono
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here