Lestarikan Budaya Indonesia, BCA Gelar Wayang Day di Balikpapan

0
389

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) secara konsisten melestarikan budaya wayang yang merupakan kesenian asli Indonesia. Untuk mempertahankan eksistensi kebudayaan tersebut, CSR Bakti BCA menyelenggarakan acara Wayang Day, sebagai wujud program Bakti Budaya serta kontribusi CSR BCA terhadap kesenian wayang, Rabu (02/10/2019).

Acara yang dibuka Kepala KCU BCA Balikpapan Eduard Hans Winarko, juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Balikpapan Muhaimin dan Kepala SD Kemala Bhayangkari Baharuddin, dengan melibatkan sebanyak 480 pelajar SD Kemala Bhayangkari.

Kepala KCU BCA Balikpapan Eduard Hans Winarko mengatakan, penyelenggaraan Wayang Day ini salah satunya bertujuan mengenalkan wayang sebagai seni budaya peninggalan nenek moyang, di tengah gencarnya penetrasi budaya asing.

“Kebudayaan wayang yang sarat akan nilai dan makna penting untuk dikenalkan secara mendalam kepada masyarakat, terutama generasi penerus bangsa agar tidak tergerus oleh jaman. Kami meyakini bahwa wayang mampu membangkitkan semangat kebhinekaan dan nasionalisme dalam jiwa generasi muda,” ujar Eduard.

Menurut Eduard, dari catatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, wayang telah menjadi salah satu dari delapan elemen budaya yang masuk daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO sejak tahun 2003.

“Hal ini yang mendorong kami, BCA sebagai institusi yang dekat dengan masyarakat untuk terus mengenalkan wayang melalui beragam kegiatan dan program, salah satunya Wayang Day kali ini,” tambah Eduard.

Di acara Wayang Day kali ini, para peserta mengikuti rangkaian kegiatan seperti lomba menggambar dan mewarnai wayang untuk melatih kreativitas dan daya imajinasinya. Setelah itu, peserta akan disuguhkan dengan pertunjukan wayang yang atraktif.

Selain kegiatan Wayang Day, BCA juga telah menyelenggarakan program lainnya seperti Wayang for Student. Wayang for Student sendiri telah digelar di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung dan Semarang. Wayang for Student menampilkan pagelaran dan pementasan wayang dari pelajar yang berasal dari beberapa sekolah di kota tertentu.

“Wayang Day ini kami gelar dengan harapan bahwa generasi anak muda dapat mengenal wayang sebagai kebudayaan asli Indonesia yang harus terus dilestarikan. Terlebih, anak-anak Indonesia sebagai penerus bangsa merupakan ujung tombak dalam peningkatan popularitas wayang dan pengembangannya di era modern saat ini,” terangnya.

“Ke depan, BCA akan berupaya konsisten menyelenggarakan kegiatan wayang yang dibungkus dengan kegiatan fun sehingga timbul motivasi untuk mencintai budaya wayang,” pungkas Eduard.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here