Tiga Wakil Ketua DPRD Hadiri Launching Pilkada Balikpapan

0
345

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Tiga Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Thohari Aziz, Sabaruddin Panrecalle, dan Subari menghadiri launching Pilkada Balikpapan 2020 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan di gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Jalan Ruhui Rahayu II Balikpapan Selatan, Rabu (09/10/2019).

Selain tiga Wakil Ketua DPRD Balikpapan, sejumlah anggota DPRD yang juga ketua, pengurus, dan kader partai politik di Kota Minyak juga tampak hadir di acara ini diantaranya Taufik Qulrahman (PKB), Mieke Henny, Sri Hana, Ali Munsjir Halim (Demokrat), Suryani, Suwarni, Kasmah, Fitriati (Golkar) Syarifuddin Odang (Hanura), Muhammad Taqwa (Gerindra), Budiono, Riri Saswita Diano, Yohanis Patiung (PDI Perjuangan) serta lainnya.

Launching Pilkada Balikpapan 2020 ini mengambil tema “Membangun Demokrasi Mencari Pemimpin Berintegritas Menuju Balikpapan Sejahtera” dibuka secara resmi oleh Wali Kota Balikpapan, dihadiri KPU RI, KPU Kaltim, dan Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Subari mengatakan, pihaknya menyambut baik launching yang digelar KPU Balikpapan, yang menandakan dimulainya tahapan Pilkada Balikpapan 2020. Dirinya berharap, pada Pilkada Balikpapan 2020 mendatang partisipasi masyarakat dalam mengikuti proses pemilihan umum dapat berjalan maksimal.

“Menilik dari penjelasan KPU, partisipasi masyarakat dalam Pilkada Balikpapan pada 2015 lalu kurang menggembirakan yakni hanya 59 persen. Hal itu terjadi karena berbagai faktor yang harusnya menjadi perhatian dari KPU Balikpapan,” ujar Subari.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berharap pada Pilkada 2020 mendatang, partisipasi masyarakat akan mengalami peningkatan. Partisipasi masyarakat ini diharapkan naik jumlahnya menjadi 70 atau 80 persen. Mengingat pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, jumlah partisipasi mencapai 80 persen.

“Artinya, partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang diharapkan akan mengalami peningkatan. Apalagi dengan figur para bakal calon Wali Kota maupun Wakil Wali Kota Balikpapan saat ini, dipastikan juga akan berpengaruh terhadap jumlah partisipasinya,” harap Subari.

Sementara itu, Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur muspida, pemerintah, ormas dan sejumlah struktur organisasi perangkat daerah hadir dalam launching Pilkada Balikpapan 2020 ini.

“Melirik dari Pilkada 2015, jumlah partisipan pemilih cukup rendah, yakni hanya 59 persen atau jauh di bawah target yang diinginkan KPU Balikpapan yakni 70 persen,” ujar Noor Thoha.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here