Pansus Masih Bahas Tatib, Sidak Anggota DPRD Jadi Perhatian

0
475

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Pembahasan Tata Tertib (Tatib) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terus dilakukan panitia khusus (Pansus) DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur.

Ketua Pansus Tatib DPRD Balikpapan, Andi Arif Agung mengatakan, saat ini DPRD Kota Balikpapan sedang menyiapkan tatib baru sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018. Tatib tersebut mengatur tugas dan wewenang anggota DPRD yang di dalamnya mengatur tentang inspeksi mendadak (sidak) oleh setiap komisi maupun perorangan.

“Pembahasan Tatib yang dilakukan Pansus Tatib DPRD memang cukup lama karena sejumlah pertimbangan dan sesuai mekanisme yang sudah ditetapkan. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir setiap perwakilan partai politik, khususnya anggota DPRD Balikpapan,” kata Andi Arif Agung saat ditemui wartawan di Kantor DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Kamis (10/10/2019).

Menurut Andi Arif Agung, salah satu bahasan penting yang jadi perhatian dalam Tatib DPRD Balikpapan adalah tentang inspeksi mendadak alias sidak. Sidak, dalam usulan di Tatib dan bisa dilaksanakan oleh perorangan maupun kelompok (komisi).

“Sidak bisa dilakukan oleh perorangan, namun harus tetap mendapatkan persetujuan dari Ketua DPRD Balikpapan. Jika rekomendasi ada, maka anggota DPRD maupun anggota yang bergabung dalam komisi bisa melakukan sidak,” terang politisi Partai Golkar Balikpapan ini.

Hal itu dilakukan, tambah A3, sapaan akrab Andi Arif Agung, tak lain bertujuan untuk mengontrol anggota DPRD ataupun komisi-komisi yang melakukan sidak tersebut.

Lebih lanjut, ujar A3, rencananya tatib baru tersebut akan memaksimalkan fungsi DPRD tentang pengawasan yang sebelumnya dilakukan komisi serta lainnya. “Kita desain semua masukan dari setiap perwakilan partai untuk membuka ruang agar kegiatan dan tata tertib DPRD dapat dilaksanakan oleh anggota DPRD bersangkutan,” pungkasnya.

Penulis: Wahyu Sugiarto
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here