Iuran BPJS Kesehatan Akan Dinaikan, Budiono: Niatkan Untuk Bantu Sesama

0
437

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Rencana BPJS Kesehatan menaikkan iurannya di awal tahun depan dari Rp 25.500 perbulan menjadi Rp 42.000 perbulan (kelas 3), mendapat tanggapan dari anggota DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur.

Adalah Budiono, anggota DPRD Balikpapan dari fraksi PDI Perjuangan. Menurut Budiono, BPJS Kesehatan sebenarnya sangat membantu masyarakat, terkhusus kepada warga yang berpenghasilan rendah karena sifatnya adalah gotong royong.

“Kita sampaikan ke masyarakat bila BPJS Kesehatan itu adalah jaminan dana kesehatan dengan niat goyong royong. Kita bayangkan bila kita 1 kali masuk rumah sakit biaya tidak cukup Rp 3 juta,” kata Budiono, saat dimintai tanggapannya beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, iuran BPJS Kesehatan yang setiap bulan dibayarkan sebesar Rp 25,500, tahun depan akan naik menjadi Rp 42.000 (untuk kelas 3), ini belum cukup jika ditabung selama 1 tahun. Bahkan jika ditabung selama 3 tahun, nilai dari Rp 42.000 tersebut juga belum bisa mencapai Rp 3 juta.

“Iuran kita bila Rp 42.000 selama 1 tahun belum cukup mencapai Rp 3 juta, bahkan jika menabung selama 3 tahun. Membayar BPJS Kesehatan ibarat menabung dan niatkan membantu sesama atau saudara-saudara kita yang sedang membutuhkannya,” tambah Budiono.

Politisi PDI Perjuangan asal daerah pemilihan (dapil) Balikpapan Barat ini menilai, jika pelayanan BPJS Kesehatan masih perlu ditingkatkan lagi. Terlebih jika iuran BPJS Kesehatan dinaikkan.

“Memang kami melihat pelayanan BPJS Kesehatan saat ini belum bagus, harus berbenah. Sistem pelayanan kedepankan pertolongan demi kemanusiaan, baru adminitrasinya,” pungkas Budiono.

Penulis: Wahyu Sugiarto
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here