Kawasan Pasar Pandansari Kumuh, Taufik: Harus Ada Ketegasan Satpol PP

0
651

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Maraknya keberadaan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di seputaran Pasar Pandansari Kecamatan Balikpapan Barat menyebabkan kawasan tersebut kumuh. Kondisi ini menjadi perhatian dari anggota DPRD Balikpapan, yang mengaku prihatin melihat kawasan tersebut semakin tidak terkendali.

Anggota DPRD Balikpapan, Taufik Qulrahman mengatakan, kondisi di sekitar Pasar Pandansari kian hari makin memprihatinkan. Pasalnya, keberadaan PKL yang berjualan di luar pasar menjadi persoalan tersendiri karena semakin tidak terkendali hingga menyebabkan kawasan tersebut terlihat semakin kumuh.

Banyaknya pedagang yang berjualan di fasilitas umum seperti trotoar, di atas parit dan badan jalan menjadikan kawasan tersebut semakin semrawut.

“Sekarang bagaimana tidak kumuh karena tidak adanya ketegasan dari instansi terkait, khususnya aparat Satpol PP Balikpapan terhadap keberadaan pedagang kaki lima di seputaran Pasar Pandansari,” ujar Taufik saat ditemui kabargupas.com, Senin (14/10/2019).

Dia menambahkan, pedagang yang punya toko-toko di sekitar Pasar Pandansari juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyewakan teras dan halaman tokonya.

“Teras dan halaman toko yang seharusnya menjadi tempat parkir kendaraan dan merupakan bagian dari fasilitas umum juga disewakan kepada para PKL hingga akses jalan di seputaran Pasar Pandansari menyempit,” kata Taufik.

Menurutnya, akibat tidak adanya tempat parkir, akhirnya warga yang akan berbelanja di Pasar Pandansari terpaksa parkir dan berbelanja di sembarang tempat. Itu adalah salah satu dampak yang saat ini terjadi di kawasan Pasar Pandansari. “Sangat kecewa sekali saya,” ungkap politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Ke depan, ujar Taufik si putra “Kilat” ini, selesai AKD pihaknya akan melakukan sidak. Sidak juga akan dilakukan jika sudah ada arahan dari pimpinan serta menyesuaikan komisi.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here