AKD Ditetapkan, Alwi dan Johny Ng Jabat Ketua Komisi I dan III

0
333

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Setelah sempat tertunda akibat alotnya pembahasan dan penempatan anggota, alat kelengkapan dewan (AKD) di DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, akhirnya terbentuk, Kamis (17/10/2019).

Pembentukan AKD ini ditandai dengan dilaksanakannya Rapat Paripurna DPRD Balikpapan yang berlangsung tertutup tentang penetapan AKD dipimpin Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh, dihadiri tiga wakil ketua DPRD Balikpapan Thohari Aziz, Sabaruddin Panrecalle dan Subari.

Rapat pembentukan pimpinan dan anggota komisi ini berlangsung alot, hingga ditetapkan Johny Ng sebagai Ketua Komisi I DPRD Balikpapan, dan Ketua Komisi II dijabat oleh Riri Saswita Diano. Sedangkan ketua Komisi III dan Komisi IV DPRD Balikpapan, posisinya diisi oleh Alwi Al Qadri dan Muhammad Taqwa.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan Thohari Aziz menyampaikan penjelasannya dihadapan awak media usai rapat paripurna tertutup penetapan AKD DPRD Balikpapan di ruang rapat gabungan lantai dua Gedung DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Kamis (17/10/2019).

Partai politik pemenang Pileg (Pemilihan Legislatif) 2019 yakni Partai Golkar menempatkan dua kadernya sebagai ketua komisi, yakni Komisi I dan Komisi III DPRD Balikpapan, Alwi Al Qadri dan Johny Ng.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan Thohari Aziz mengatakan, setelah merampungkan penetapan struktur AKD, pemilihan susunan pengurus berlangsung melalui musyawarah dan mufakat. Penetapan AKD ini diawali dari rapat gabungan fraksi yang menyampaikan nama-nama anggota untuk diutus dalam empat komisi dan empat badan.

“Pembentukan dan penetapan komisi dan badan ini memang cukup alot. Namun, setelah melalui lobi-lobi politik akhirnya disepakati susunan komisi serta badan-badan,” ujar Thohari.

Berikut Nama Pimpinan DPRD dan Pimpinan Komisi di DPRD Balikpapan:

Ketua DPRD Balikpapan: Abdulloh (Golkar)
Wakil Ketua I: Thohari Aziz (PDIP)
Wakil Ketua II: Sabaruddin Panrecalle (Gerindra)
Wakil Ketua III: Subari (PKS)

Komisi-Komisi:

Komisi I Bidang Pemerintahan, Pertanahan dan Hukum
Ketua: Johny Ng (Golkar)
Wakil: Hasanuddin (PKS)
Sekretaris: Simon Sulean (Hanura)

Komisi II Bidang Perekonomian dan Pariwisata
Ketua: Riri Saswita Diano (PDI Perjuangan)
Wakil: Mieke Henny (Demokrat)
Sekretaris: Aminuddin (Gerindra)

Komisi III Bidang Pembangunan, Lingkungan Hidup dan Perhubungan
Ketua: Alwi Al Qadri (Golkar)
Wakil: Wiranata Oey (PDI Perjuangan)
Sekretaris: Ali Munsjir Halim (Demokrat)

Komisi IV Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan Rakyat
Ketua: Muhammad Taqwa (Gerindra)
Wakil: Iwan Wahyudi (PPP)
Sekretaris: Sandy Ardian (PKS)

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here