Cegah Konflik Meluas, Pangdam dan Kapolda Temui Warga

0
237

Kabargupas.com, PENAJAM – Pasca kejadian di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Rabu Sore, Pangdam VI/Mulawarman Mayjend TNI Subiyanto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto beserta jajaran langsung melakukan langkah antisipasi.

Hal itu dilakukan agar kondisi di PPU kondusifitas daerahnya dapat terjaga dan aktivitas masyarakat bisa kembali normal. Personel TNI Polri telah mengamankan lokasi kejadian, patroli mencegah massa untuk membuat kerusakan dan menyekat massa dari luar yang akan masuk ke tempat kejadian juga telah dilaksanakan.

Pasca kerusuhan Pangdam VI/Mulawarman dan Kapolda Kaltim berada di lokasi kejadian, menemui warga dan berdialog guna mencegah konflik meluas. Tak hanya itu, Pangdam VI/Mulawarman dan Kapolda Kaltim juga bermalam di kediaman Bupati PPU untuk memudahkan komunikasi antar pejabat, instansi terkait maupun dengan para tokoh adat dan tokoh masyarakat. Saat ini situasi sudah aman terkendali.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto dan Pangdam VI/Mulawarman Mayjend TNI Subiyanto (kanan) menemui warga di lokasi kejadian untuk mencegah meluasnya konflik di PPU.

“TNI mengerahkan 2 SSK dari Yonzipur 17 Ananta Darma untuk membantu Polda Kaltim. Pasukan TNI lain disiapkan apabila sewaktu waktu perlu diseberangkan dari Balikpapan menambah perkuatan personel,” ujar Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Kavaleri Dino Martino, Kamis (17/10/2019).

Dino menambahkan, untuk Kodim dan Polres yang berbatasan dengan tempat kejadian aktif melaksanakan pengamanan untuk mencegah konflik menyebar ke wilayah lain di sekitarnya dengan menutup jalan masuk ke wilayah tersebut.

“Guna mencegah aksi susulan, kami sudah melakukan antisipasi dengan melakukan pengamanan membantu personel Polda Kaltim. Kami juga menutup jalan masuk ke wilayah konflik, serta menyampaikan kepada para tokoh agama dan masyarakat bahwa situasi sudah terkendali,” pungkas Dino.

Penulis: Wahyu Sugiarto
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here