Kali Pertama, Turnamen Futsal Antar Mahasiswa Digelar di Balikpapan

0
255

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Liga Mahasiswa (LIMA) Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference Season 7 akan digelar di Balikpapan pada 25-31 Oktober 2019 di Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi (STT Migas) Balikpapan. Di Kalimantan Timur, untuk kali pertama Kota Balikpapan ditunjuk sebagai tuan rumah dengan penyelenggara turnamen futsal antar mahasiswa ini LIMA bekerjasama dengan STT Migas Balikpapan.

“Dengan terpilihnya Balikpapan sebagai tuan rumah, LIMA berharap futsal mahasiswa terus berkembang di Kalimantan yang memiliki potensi yang sangat besar dari segi talenta pemain,” kata Rida Achmad, General Manager LIMA saat jumpa pers di Hotel Platinum Jalan Soekarno Hatta Km 5 Balikpapan, Jumat (18/10/2019).

Hadir dalam jumpa pers ini, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Wakil Ketua III STT Migas Balikpapan Hamsir dan Komite Wasit Asprov PSSI Kaltim Najamudin Aspiran.

Menurut Rida, digelarnya turnamen futsal di Balikpapan karena melihat kesuksesan kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan di Pontianak, Kalimantan Barat. Dan, LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference Season 7 ini layak dinanti seperti dua musim sebelumnya.

“LIMA untuk pertama kalinya menggelar turnamen di tanah Kalimantan dengan tajuk LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference Season 5. Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), satu-satunya tim yang berasal dari Banjarmasin, berhasil menjadi juara Kalimantan Conference edisi pertama yang digelar di Pontianak tersebut. Poliban akan kembali mengikuti turnamen di Season 7 ini setelah absen pada Season 6,” terang Rida.

“Kami sangat gembira dengan terpilihnya Balikpapan sebagai tuan rumah baru. Kami berharap ini akan menjadi awalan yang baik untuk budaya olahraga kampus, terutama untuk cabang olahraga futsal. Kami melihat bahwa Kalimantan memiliki potensi yang sangat besar dari segi talenta. Semoga ini menjadi ajang unjuk gigi para pemain untuk memperlihatkan kualitasnya,” paparnya.

Dia menambahkan, sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk berkarya di bidang olahraga, LIMA berharap mampu memotivasi mereka untuk lebih berprestasi dan memiliki kepedulian sosial. Hal tersebut dapat dilihat lewat kegiatan-kegiatan yang dijalankan LIMA. Para mahasiswa yang ingin mendaftar hams memiliki IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang sudah menjadi standar LIMA. Untuk mengasah kepedulian sosial, setiap student-athlete harus melakukan kegiatan sosial sebelum bergabung dalam kompetisi.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan apresiasi terhadap turnamen futsal antar mahasiswa yang digelar LIMA bersama STT Migas Balikpapan pada 25-31 Oktober 2019.

Tim-tim dari Balikpapan yang akan mengikuti tumamen ini yaitu, STT Migas Balikpapan selaku tuan rumah, Universitas Balikpapan (UNIBA), dan Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba). Sedangkan tim-tim dari kota Samarinda juga ikut meramaikan turnamen ini adalah Universitas Mulawarman Samarinda (UNMUL) yang pernah mengikuti LIMA Futsal Central Java Conference Season 4, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, dan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) menjadi satu-satunya peserta dari Banjarmasin.

Menurut Rida, LIMA Futsal Kalimantan Conference akan menjadi pergelaran ketiga dalam rangkaian LIMA Futsal Season 7 setelah West Java Conference dan Sumatera Conference. Memasuki tahun ketiga penyelenggaraan, LIMA Futsal Kalimantan Conference sudah melibatkan 268 student-athlete dengan 41 pertandingan.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyambut baik digelarnya turnamen futsal mahasiswa di STT Migas Balikpapan pada akhir Oktober mendatang. Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan sangat mendukung kegiatan yang menjadi wadah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa, khususnya mahasiswa di Balikpapan.

“Kami sangat mengapresiasi turnamen futsal mahasiswa yang digagas oleh LIMA bekerjasama dengan STT Migas Balikpapan. Semoga dengan kegiatan ini akan lahir atlet muda berbakat dari kalangan mahasiswa,” kata Rizal.

Sementara itu, Wakil Ketua III STT Migas Balikpapan Hamsir mengatakan, kerjasama ini disambut dengan baik oleh Rektor STT Migas Balikpapan karena LIMA merupakan organisasi yang mampu bekerja secara profesional dan sudah teruji secara nasional maupun internasional. Pihaknya berharap dengan kerja sama ini dapat memberikan contoh yang baik bagi civitas academica STT Migas Balikpapan.

LIMA memiliki fokus kepada perkembangan karakter mahasiswa yang bertanggung jawab, disiplin, dan memiliki jiwa yang sportif. STT Migas Balikpapan telah memberikan persiapan sebaik mungkin demi kelancaran dan kesuksesan LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference Season 7.

“Kami berharap dengan adanya kerja sama ini dapat menguntungkan dan menguatkan sistem dalam olahraga nasional,” kata Hamsir.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here