Gelar Karya Bakti, TNI Polri Bersihkan Puing Sisa Kebakaran di PPU

0
265

Kabargupas.com, PENAJAM – Situasi dan kondisi wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, pasca kerusuhan lalu, berangsur kembali normal. Warga sudah kembali melakukan beraktifitas dan kembali bekerja seperti semula, Sabtu (19/10/2019).

Sisa-sisa kebakaran akibat kerusuhan, secara perlahan dan bertahap dibersihkan oleh petugas gabungan dari anggota TNI dan Polri serta warga setempat. Kegiatan pembersihan puing bangunan yang terbakar dipimpin langsung Dandim 0913/PPU Letkol Inf Mahmud.

Dandim 0913/PPU Letkol Mahmud mengatakan, dalam membersihkan sisa-sisa kebakaran di lokasi eks kerusuhan PPU sebanyak 138 prajurit TNI dari jajaran Kodam VI/Mulawarman dikerahkan terdiri dari Kodim 0913/PPU dan Yonzipur 17/AD. Sementara itu dari jajaran Polri menurunkan 45 anggota dan dibantu 14 warga.

“Untuk keseluruhan baik anggota TNI, Polri dan warga yang terlibat kegiatan karya bakti pembersihan sisa-sisa puing kebakaran sebanyak 197 orang,” ujar Mahmud.

Menurut Mahmud, kegiatan pembersihan puing-puing sisa pembakaran dilaksanakan dengan tujuan untuk membersihkan dan merapikan tempat kejadian perkara pasca kebakaran agar kembali rapi dan bersih.

Ditambahkan Dandim, sisa kebakaran yang dibersihkan diantaranya seng, perabot rumah tangga yang ikut terbakar. Selanjutnya barang-barang tersebut dibawa ketempat pembuangan sampah yang terletak di jalan Provinsi Km 9 Kelurahan Nipah-nipah.

“Dari kegiatan karya bakti yang dilaksanakan, sudah 16 truk sisa kebakaran yang berhasil dikumpulkan dan dikirim ke TPA dengan menggunakan truk Dinas PU,” tambah Mahmud.

Sementara itu, Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Kav Dino Martino menjelaskan, kegiatan karya bakti yang dilaksanakan dipimpin langsung Dandim 0913/PPU Letkol Inf Mahmud berlangsung lancar.

“Karena TNI adalah milik rakyat, tentu TNI akan membantu rakyat yang membutuhkan termasuk warga PPU yang dilanda konflik,” ujar Dino.

Penulis: Wahyu Sugiarto
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here