Bapemperda Tanggapi Perda Mandul, Ini Kata Andi Arif Agung

0
549

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Peraturan Daerah (Perda) Kota Balikpapan Nomor 13 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga yang selama ini tidak diterapkan karena dianggap mandul, akhirnya mendapat tanggapan dari Ketua Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Balikpapan, Selasa (22/10/2019).

Ketua Bapemperda DPRD Balikpapan, Andi Arif Agung mengatakan, secara umum memang perda ini berisi tentang manfaat, aturan maupun sanksi yang diberlakukan terhadap pelanggar aturan tersebut.

“Kami dari Bapemperda DPRD kota Balikpapan pastinya, hari ini (Selasa, red) lagi dalam konteks atau dalam kondisi untuk mengevaluasi semua Propemperda (Program Pembuatan Perda) yang sudah disiapkan di tahun 2019. Dan di sisa waktu ini, mau tidak mau harus kita tuntaskan,” kata Andi Arif Agung.

Ke depannya, tutur politisi Partai Golkar Balikpapan ini, di 2020 pihaknya sedang mempersiapkan proyeksi untuk Perda yang akan dimajukan di tahun 2020. Bagaimana dengan situasi Perda-Perda yang dianggap mandul, terkhusus masalah Perda Kota Balikpapan Nomor 13 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sejenisnya.

Di Bapemperda ini, tambah A3, sapaan akrab Andi Arif Agung, juga akan dilakukan evaluasi dan melihat situasi Perda-Perda yang sudah ada. Pihaknya juga akan mencoba melakukan evaluasi bagaimana masalah penegakan hukumnya, bagaimana muatan-muatan aturannya. Apakah materi-materinya masih uptodate atau memang sudah tidak uptodate karena memang ada aturan diatasnya lagi.

“Ini yang akan coba kita lakukan evaluasi. Dan ini masukan yang positif buat kita. Mungkin di 2020 mendatang kita coba agendakan untuk melakukan evaluasi bagaimana pelaksanaan perdanya,” pungkasnya A3.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here