Bazar Buku Big Bad Wolf, Pertama Kali Digelar di Kalimantan

0
343

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Untuk pertama kalinya di Kalimantan, bazar buku terbesar di dunia akan digelar Bazar Buku Big Bad Wolf pada 1-10 November 2019 di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome Jalan Ruhui Rahayu II Balikpapan Selatan.

Sebelum di Kota Minyak, bazar buku ini telah sukses diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, serta Surabaya. Balikpapan merupakan kota keenam di Indonesia yang kunjungi.

Berbagai buku dari penerbit dunia dihadirkan dengan diskon 60 hingga 80 persen untuk semua buku internasional. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) pada 2012 mengungkapkan bahwa persentase minat baca masyarakat Indonesia hanya 0.01 persen, artinya dari 10,000 orang Indonesia, hanya satu orang yang senang membaca.

Presiden Direktur Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia Uli Silalahi mengatakan, untuk terus meningkatkan literasi di Indonesia, Bazar Buku Big Bad Wolf terus bergerak mengajak masyarakat lebih gemar membaca buku. Misi utamanya adalah meningkatkan minat baca dan mencerdaskan bangsa.

“Tahun ini sudah enam kota yang Bazar Buku Big Bad Wolf hadiri, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Surabaya dan Balikpapan, kami yakin minat baca dapat terwujud jika diberikan akses terhadap bacaan yang bermutu dan berkualitas,” ujar Uli dihadapan wartawan dalam jumpa pers di Hobbies Cafe Jalan AMD Sungai Ampal Balikpapan, Kamis (24/10/2019).

Dia menambahkan, saat ini informasi mengalir dengan deras, baik yang membuka wawasan, maupun info yang kurang tepat atau menyesatkan. Kemampuan untuk menyaring dan mengolah informasi dengan kritis sangat diperlukan agar tidak mudah terprovokasi dan terpengaruh dengan hoax. Untuk menjadi kritis, terangnya, harus banyak membaca. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula hal yang diketahui.

Presiden Direktur Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia Uli Silalahi (kiri) bersama Vice President Funding & E-Channel Business Sinta Handajani Wignjowargo menunjukkan buku yang akan ditawarkan dalam bazar buku yang akan digelar di BSCC Dome Balikpapan pada 1-10 November 2019.

“Dengan hadirnya Bazar Buku Big Bad Wolf Balikpapan, diharapkan dapat menjadi salah satu wadah untuk menyebarluaskan wawasan ilmu pengetahuan dan mengajak masyarakat lebih senang membaca dan mencintai buku. Selain mampu meningkatkan daya pikir dan otak manusia, rutin membaca adalah salah satu cara yang efektif untuk kita terus berfikir positif. Seiring bertambahnya pengetahuan dan wawasan dari membaca semakin banyak referensi kita untuk menghadapi semua hal ke depannya, karena buku adalah jendela dunia,” paparnya.

Buku-buku yang dibawa Bazar Buku Big Bad Wolf Balikpapan 2019 tersedia bagi semua usia dan kalangan. Berbagai genre buku dapat ditemukan dalam bazar buku ini, mulai dari seni, budaya, novel, fiksi, romance, sastra, graphic novel, bisnis, arsitektur, memasak, fashion dan masih banyak lagi. Buku untuk mengasah keterampilan motorik pada anak seperti activity books, sticker books, sound books, board books, pop-up books, juga dapat dibawa pulang dengan harga yang sangat terjangkau. Bazar Buku Big Bad Wolf selalu berusaha memberikan bacaan yang bermutu dan mengikuti perkembangan zaman dengan menghadirkan Buku Ajaib.

“Sebanyak 1 juta buku dalam 10 kontainer akan kita bawa dan tawarkan kepada masyarakat Kalimantan, khususnya bagi masyarakat Balikpapan dan sekitarnya. Jadi manfaatkan momen bazar ini untuk mencari buku-buku favorit yang diinginkan,” kata Uli.

Sementara itu, Vice President Funding & E-Channel Business Sinta Handajani Wignjowargo mengatakan, BCA berkomitmen mendukung kemajuan Indonesia melalui beragam produk dan kegiatan, termasuk di antaranya bazar buku terbesar di dunia Big Bad Wolf.

“Adanya Bazar Buku Big Bad Wolf, kami mengajak generasi muda untuk lebih gemar membaca buku. Dengan banyak membaca, kita bisa makin kritis dalam menyikapi kejadian. Sebab, buku merupakan sumber informasi kredibel yang dapat dipertanggung jawabkan segala isi bacaan di dalamnya,” kata Sinta.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here