Catat Waktu 25,47 Detik, Hermanto Juara I Lomba Lari Hardjanto Run

0
195

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Ratusan warga dari berbagai kalangan dan usia meramaikan lomba lari bertajuk Hardjianto Run yang mengambil start dan finish di halaman Rumah Sakit Tentara (RST) dr. Hardjianto, Jalan Tanjung Pura Balikpapan, Minggu (27/10/2019).

Pangdam VI/Mulawarman (Mlw) Mayjen TNI Subiyanto didampingi Walikota Balikpapan Rizal Effendi serta Wakapuskesad Brigjen TNI Agung H melepas peserta lari Hardjanto Run di garis start tepat pukul 07.00. Lomba lari yang menyediakan puluhan hadiah menarik serta door prize utama 1 unit sepeda motor ini mengambil rute menyusuri jalan protokol di Balikpapan dengan jarak tempuh sejauh 7,4 km.

Dalam lomba ini, Hermanto dari Yonzipur-17/AD berhasil keluar sebagai juara pertama di kategori TNI Polri dengan catatan waktu 25,47 detik. Untuk kategori putri TNI-Polri diraih Serda (K) Dewi dari Kumdam VI/Mlw dengan catatan waktu 41,38 detik.

Juara I kategori umum putra diraih Doni dengan catatan waktu 26,50 detik. Sedangkan Juara I kategori umum putri diraih Fransiska Talita yang masih duduk di Sekolah Dasar dengan catatan waktu 33,28 detik.

Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto dalam sambutannya mengatakan, Hardjianto Run yang menempuh jarak 7,4 Km dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI yang jatuh pada 5 Oktober lalu. Kegiatan ini, digelar juga dalam rangka memperingati HUT ke 74 Hari Pusat Kesehatan Angkatan Darat pada 26 Oktober.

“Tujuan lomba lari ini selain sebagai ajang menjalin tali silaturahmi sesama olahragawan di Balikpapan, juga bagian dari sarana untuk mencapai kebugaran fisik yang prima,” kata Pangdam.

Dia menambahkan, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh peserta untuk tetap memperhatikan faktor keamanan, mengingat jumlah peserta yang cukup banyak. Apalagi medan yang dilalui cukup bervariatif dan menantang. Ada jalan datar, berbelok, hingga menanjak.

Sementara itu, Kakesdam VI/Mlw Kolonel Ckm dr. Puguh Santoso, Sp.KK, menuturkan, Hardjianto Run diselengarakan untuk memperingati HUT ke 74 TNI sekaligus memeriahkan HUT ke 74 Hari Pusat Kesehatan Angkatan Darat.

“Selain itu gelaran Hardjianto Run ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan hidup sehat dengan cara berolahraga yang murah yaitu lari, sekaligus memberikan contoh pada masyarakat Balikpapan secara langsung,” ucap Kakesdam.

Kakesdam mengakui jika antusias warga Kota Balikpapan dalam mengikuti Hardjianto Run cukup tinggi. Terbukti dengan banyaknya peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini mulai anggota TNI, Polri, hingga masyarakat umum. Dari masyarakat ada yang sudah berusia 70 tahun dan peserta termuda anak kelas 3 SD. Tentu ini sangat positif untuk mengenalkan olagaraga lari kepada anak-anak.

Penulis: Wahyu Sugiarto
Editor: Nurhayati
Sumber: Pendam VI/Mlw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here