Ditresnarkoba Polda Kaltim Musnahkan 11,8 Kg Sabu Asal Malaysia

0
769

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 11,8 Kilogram narkoba jenis sabu asal negeri tetangga Malaysia yang merupakan hasil sitaan dari 6 sindikat narkoba internasional dimusnahkan jajaran Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kaltim, Rabu (30/10/2019).

Pemusnahan narkoba bernilai puluhan miliar rupiah ini dilakukan oleh Direktur Reserse Narkoba Polda Kaltim Kombes Pol Akhmad Shaury bersama perwakilan kejaksaan di Mako Polda Kaltim Jalan Syarifuddin Yoes Balikpapan. Sabu dimusnahkan dengan cara dilarutkan ke dalam ember berisi air, lalu diblender dan dibuang ke dalam toilet.

Namun sebelum di musnahkan, barang bukti belasan kilogram sabu ini telah mendapatkan penetapan pengadilan. Sabu juga telah dilakukan tes atau uji laboratorium guna mengetahui keasliannya.

Sabu merupakan hasil sitaan dari sindikat narkoba internasional yang dilakukan Ditresnarkoba Polda Kaltim sejak awal September hingga Oktober 2019.

Dir Resnarkoba Polda Kaltim Kombes Pol Akhmad Shaury mengatakan, sabu seberat 11,8 kg yang dimusnahkan ini merupakan tangkapan anggota Opsnal Ditresnarkoba Polda Kaltim.

“Dimusnahkannya sabu seberat 11,8 kg ini merupakan fakta yang sangat mengejutkan dan harus menjadi perhatian semua pihak, tidak hanya dari aparat kepolisian. Karena saat ini peredaran sabu di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sudah sangat meresahkan,” terang Shaury.

Digagalkannya peredaran 11,8 kg sabu ini, jelas Akhmad Shaury, diklaim bisa menyelamatkan setidaknya 60 ribu jiwa warga Indonesia, khususnya warga Kaltim.

“Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan pasal 114 dan pasal 112 KUHP tentang Penyalahgunaan dan Peredaran Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal seumur hidup,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here