Reuni Alumni 94, Ratusan Siswa SMPN 1 Dibekali Pengetahuan Revolusi Industri 4.0

0
843

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Seminar Kompetensi SMPN 1 di Era Industri 4.0 digelar Alumni SMPN 1 Balikpapan 1994 di Hotel Novotel Jalan Ery Suparjan Balikpapan, Jumat (01/11/2019).

Seminar yang dihadiri ratusan siswa SMPN 1 Balikpapan dari kelas 7 – 9, perwakilan orangtua dan dewan guru SMPN 1 Balikpapan serta dibuka secara resmi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Balikpapan Muhaimin ini, menghadirkan sejumlah narasumber berkompeten di bidang masing-masing, yang tak lain juga alumni SMPN 1 Balikpapan.

Para narasumber ini adalah Roberto Pasaribu (Kasubdit Cybercrime Polda Metro Jaya), Ponaryo Astaman (olahragawan – atlet sepakbola profesional), Andi Arif Agung (anggota DPRD Balikpapan), Bonar Sihombing (ahli IT dari Singapura) serta lainnya. Mereka menyampaikan materi penting yang nantinya dapat menjadi inspirasi dan bekal bagi para siswa SMPN 1 Balikpapan untuk lebih bijaksana menggunakan internet.

Alumni SMPN 1 Balikpapan tahun 1994 yang juga mantan atlet sepakbola profesional Ponaryo Astaman menyampaikan pengalamannya di depan ratusan siswa SMPN 1 Balikpapan.

Alumni 94 SMPN 1 Balikpapan Roberto Pasaribu mengatakan, acara ini sebenarnya diadakan dalam rangka reuni 25 tahun alumni SMP Negeri 1 Balikpapan tahun 1994. Materi dipilih kompetensi SDM, khususnya alumni SMPN 1 Balikpapan di dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dan 5.0.

“Kami minta bagaimana teknologi itu berkembang tetapi juga kami meminta agar siswa mengerti dan paham bahwa mereka itu bisa juga menjadi target dari pada kejahatan, terutama kejahatan cyber saat ini. Yang paling rentan adalah kejahatan cyber terhadap pornografi anak secara online,” ujar Roberto.

Lebih lanjut, terang Roberto, ini yang menjadi fokus semua pihak. Setidaknya, para alumni 94 SMPN 1 Balikpapan, dengan literasi digital ini untuk mengedukasi anak-anak, orangtua serta guru, paham dan mengerti bahwa internet itu, apabila dimanfaatkan secara tidak benar atau tidak baik, bisa menjadi predator, dan anak-anak bisa menjadi korban.

Alumni SMPN 1 Balikpapan tahun 1994 yang juga anggota DPRD Balikpapan Andi Arif Agung menyerahkan piagam penghargaan kepada Siswa SMPN 1 Balikpapan berprestasi.

Dia menambahkan, Revolusi Industri 4.0 merupakan fenomena yang mengkolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Konsep penerapannya berpusat pada konsep otomatisasi yang dilakukan oleh teknologi tanpa memerlukan tenaga kerja manusia dalam proses pengaplikasiannya.

“Jika internet dimanfaatkan secara tidak benar atau tidak baik itu bisa menjadi predator dan anak-anak bisa menjadi korban,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Balikpapan Arintoko mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Alumni SMPN 1 Balikpapan tahun 94. Kegiatan ini, sebenarnya sudah sejak lama diinginkan oleh pihaknya sekolah.

Kepala Disdikbud Balikpapan Muhaimin (5 dari kanan berdiri di belakang) foto bareng alumni SMPN 1 Balikpapan dan para dewan guru usai pembukaan.

“Kami sangat berterima kasih dan juga menginginkan kembali digelarnya kegiatan serupa dengan melibatkan orangtua lebih banyak lagi. Kegiatan ini sangat membantu sekolah, khususnya anak-anak untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuannya, khususnya tentang literasi digital 4.0 dan 5.0,” ujar Arintoko.

Seminar kompetensi SMPN 1 di Era Industri 4.0 ini mendapat tanggapan positif dari para peserta seminar. Adalah Natania, siswi kelas 9-4 SMPN 1 Balikpapan mengaku gembira dapat mengikuti seminar ini. Pasalnya, seminar yang digelar sangat menarik dan menjadi inspirasi para siswa SMPN 1 Balikpapan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Ratusan siswa SMPN 1 Balikpapan antusias mengikuti seminar kompetensi SMPN 1 di era industri 4.0 yang digelar Alumni 94 SMPN 1 Balikpapan di Hotel Novotel.

“Senang banget bisa mengikuti seminar ini, selain materi yang disampaikan sangat menarik. Kegiatan ini juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita,” kata Natania.

Dipandu moderator Gofar dan Yuni, seminar kompetensi SMPN 1 di Era Industri 4.0. di Hotel Novotel berjalan lancar dan penuh keakraban. Acara diakhiri dengan kegiatan foto bareng serta peresmian books corner di area SMPN 1 Balikpapan.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here