Tundukkan Unmul, Politani Wakili Kalimantan ke LIMA Futsal Nationals

0
707

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Samarinda berhasil merebut gelar LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference Season 7 setelah menundukkan Universitas Mulawarman (Unmul) dengan skor 5-3.

Meski memiliki hasil berbeda di laga yang digelar di Auditorium Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi (STT Migas) pada Jumat (01/11/2019), kedua tim sudah melakukan usaha terbaiknya untuk membela kampus seturut persaingan yang cukup ketat.

Kedua tim merupakan pengisi dua peringkat teratas klasemen Bolalob.com LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference Season 7. Setelah sama-sama mengantungi lima kemenangan, meski terdapat selisih 34 gol, laga ini menjadi penentu peraih gelar LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference Season 7.

Unmul mengawali keunggulan lewat gol yang diciptakan Abdul Rahman. Ia berhasil mencetak gol setelah menerima umpan dari sepak pojok yang dilakukan oleh Muhammad Afieq Mustafa. Gol ini merupakan gol ke-11 yang dicetak student-sthlete jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar tersebut di LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference Season 7. Unmul unggul 1-0 dengan gol pada menit keempat itu.

Politani tersentak. Tak sampai satu menit, mereka berhasil menyamakan kedudukan. Argi Sulfitra mencetak gol setelah merebut bola dari pemain Unmul, Muhammad Alief Mustafa. Gol ini adalah gol kesembilan yang dihasilkan student-athlete asal Pinrang tersebut di LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference Season 7.

Afieq akhirnya menyumbang gol untuk Unmul setelah berhasil menggiring bola dan mengatasi salah satu pemain Politani, Diaz Christi Sanjaya. Kampus yang berada di Kecamatan Samarinda Ulu tersebut unggul dengan 2-1 pada menit ke-16.

Politani memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-19 lewat tendangan bebas Aloysius Abel Dorage ke Diaz. Sayang, tembakan student-athlete bernomor punggung 10 tersebut berhasil ditangkap kiper Unmul, Muhammad Yusuf Hamka. Tak ada gol lagi yang tercipta hingga babak pertama berakhir.

Politani meningkatkan tekanan pada babak kedua, dan meraih hasilnya saat babak kedua berjalan empat menit. Diaz menciptakan gol keduanya menyusul tendangan sudut.

Politani menambah gol lewat Aprianto Samwin Jaya. Ia mencetak gol setelah menerima umpan dari Diaz pada menit ke-27. Gol ini merupakan gol ke-15 yang dihasilkan student-athlete bernomor punggung 12 tersebut pada LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference Season 7.

Berselang dua menit, skor kembali imbang. Afieq mencetak gol kedua setelah merebut operan pemain Politani. Dengan gol ini, ia sudah mengantungi empat gol selama LIMA Futsal: Bolalob,com Kalimantan Conference Season 7.

Setelah skor menjadi 3-3, Politani menambah dua gol penentu kemenangan dan gelar mereka. Sundulan Aloysius Abel Dorage, setelah menerima umpan jauh tendangan bebas Diaz, mampu menembus gawang Unmul.

Diaz Christi Sanjaya menciptakan gol penutup pada 15 detik sebelum pertandingan berakhir. Ia mencetak gol secara mudah saat Unmul menerapkan strategi power play. Meski memiliki hasil yang berbeda, kedua tim tetap bersyukur dengan hasil yang diraih.

Pelatih Politani, Yudhabarata, mengaku senang bisa mewakili Kalimantan ke LIMA Futsal Nationals. Menurut Yudhabarata, prestasi ini berkah bagi Politani dan gelar ini untuk Politani. Akhirnya apa yang diinginkan bisa terwujud.

“Kemenangan ini luar biasa karena ini merupakan prestasi yang belum pernah kami capai. Apalagi ini juga pertama kalinya bagi kami bisa mewakili Kalimantan ke Nationals. Oleh karena itu, kami akan memaksimalkan kekuatan yang ada,” kata Yudha.

Sementara itu, Ofisial Unmul Deni Setiawan mengatakan, akan menjadikan hasil LIMA Futsal: Kalimantan Conference Season 7 ini sebagai pelajaran.

“Saya tetap mengapresiasi para pemain karena sudah berjuang dengan keras untuk meraih prestasi ini. Hasil ini juga tidak buruk untuk kami. Prestasi ini kami berikan untuk kampus dan teman-teman yang tidak bisa ikut bertanding. Kami ingin menunjukkan bahwa tim futsal Unmul bisa berprestasi. Hasil ini akan menjadi pelajaran agar kami bisa lebih baik lagi ke depannya,” ujar Deni.

Dengan kemenangan ini, Politani tetap bertengger di puncak klasemen akhir Bolalob.com sekaligus menjadi juara LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference Season 7, sekaligus menjadi satu-satunya wakil dari Kalimantan di LIMA Futsal Nationals Season 7.

LIMA Futsal Nationals Season 7 akan berlangsung pada 27 November-6 Desember di Sport Center UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Penulis: Wahyu Sugiarto
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here