Hormati Jasa Pahlawan, Lanal Tabur Bunga di Teluk Balikpapan

0
576

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Upacara Hari Pahlawan juga dilaksanakan jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (10/11/2019).

Upacara yang dikomandani Pasops Lanal Balikpapan Mayor Laut (P) Heri Prasetiyadi dengan Irup Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyono ST. MM ini digelar di atas kapal Patkamla (Patroli Keamanan Laut) Lanal Balikpapan di Teluk Balikpapan.

Hadir dalam upacara ini Staf Ahli Pemkot Balikpapan Arbain Side, perwakilan Lanud Dhomber Balikpapan, Basarnas Balikpapan, Polair Polres Balikpapan, serta tamu undangan lainnnya dengan melihat 4 unit kapal patroli dan 3 unit speed boat milik TNI AL dan Polair Polres Balikpapan.

Upacara berjalan khidmat dan lancar yang diawali dengan pelarungan rangkaian bunga Peringatan Hari Pahlawan serta diakhiri dengan tabur bunga di perairan Teluk Balikpapan sebagai tanda penghormatan kepada arwah para pahlawan yang gugur saat memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Seorang perwira TNI AL melakukan tabur bunga di perairan Teluk Balikpapan dalam peringatan Hari Pahlawan yang digelar Lanal Balikpapan di atas kapal Patkamla Lamaru, Minggu (10/11/2019).

Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyono ST. MM mengatakan, upacara peringatan Hari Pahlawan ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan yang digelar Pemkot Balikpapan yakni tabur bunga di Taman Makam Pahlawan dipimpin Wali Kota Balikpapan dan tabur bunga di perairan Teluk Balikpapan.

“Upacara Hari Pahlawan dan tabur bunga di perairan Teluk Balikpapan yang menjadi agenda rutin dan dilaksanakan setiap tahun dalam rangka menghormati jasa para pahlawan yang gugur saat berjuang merebut kemerdekaan NKRI ini, sedianya akan dipimpin Wakil Wali Kota Balikpapan, namun Bapak Wawali berhalangan hadir,” kata Wahyu Cahyono saat ditemui wartawan usai kegiatan.

Seperti diketahui, tambah Wahyu, di Teluk Balikpapan ada pahlawan-pahlawan yang gugur dan jasanya sangat besar, terutama ada KRI Hangtuah yang tenggelam alur Teluk Balikpapan yang saat itu melawan Belanda.

“Makna dari Hari Pahlawan tahun ini, seperti yang dicanangkan oleh pemerintah bahwa kita merupakan pahlawan masa kini. Yang jelas, kita harus tampil untuk bermanfaat bagi lingkungan dan bagi Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here