Ikuti Fesmed 2019 di Jambi, AJI Balikpapan Kirim Kontingen

0
447

Kabargupas.com, JAMBI – Festival Media (Fesmed) yang diselenggarakan setiap tahun oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) tahun ini akan berlangsung di Kota Jambi, Provinsi Jambi pada 16-17 November 2019. Kegiatan ini diikuti perwakilan AJI Kota dari hampir seluruh wilayah Indonesia.

AJI Kota Balikpapan mengirimkan 4 angotanya, termasuk 2 anggota AJI Balikpapan biro Samarinda. Sejumlah kontingen telah tiba di lokasi acara yang dipusatkan di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi. Mereka antara lain dari AJI Pelembang, Solo, Palu, Yogyakarta, Pontianak, dan kota-kota lainnya.

“Sejauh ini Aji Pelembang menjadi peserta terbanyak dengan jumlah kontingen mencapai 50 orang. Mereka menggunakan bus,” kata Ketua Aji Jambi, Ramond Epu, Jumat (15/11/2019).

Sementara AJI Jakarta dan Bandung juga memilih ekspedisi darat untuk menghadiri kegiatan ini.

Kontingen AJI Balikpapan tiba di lokasi acara sekitar pukul 14.20 waktu setempat. “Keikutsertaan AJI Balikpapan punya nilai strategis dalam upaya meningkatkan kualitas jurnalis,” kata Ketua Kontingen AJI Balikpapan, Tri Widodo.

Berbagai kegiatan memang sudah disiapkan panitia lokal, antara lain seminar, pelatihan dan workshop. Tahun ini Fesmed mengambil tema besar ‘Literasi di Era Disrupsi’.

Kontingen AJI Balikpapan sesaat tiba di Bandara Kota Jambi untuk mengikuti Festival Media 2019.

Pada hari pertama yang akan berlangsung Sabtu, 16 November 2019, diisi gelar wicara “Pemeliharaan Cagar Budaya di Era Big Data”. Selanjutnya workshop “Hoax Busting and Digital Hygiene”, “Workshop Menjadi Presenter”.

Selepas jam istirahat dilanjut dengan workshop “Meliput Isu Lingkungan: Hutan dan Eksistensi Orang Rimba”. Talk show “Bincang Blog”, workshop “Jurnalisme Data dan Klinik Infografis, dan diakhiri workshop “Penulisan Isu Heritege”.

Semua kegiatan ini bukan hanya ditujukan bagi jurnalis, melainkan terbuka untuk masyarakat luas, dari berbagai latar belakang.

Fesmed engusung misi menumbuhkan kesadaran masyarakat akan fungsi media. Kegiatan itu untuk memberikan kesempatan kepada kalangan jurnalis, media, dan publik, saling berinteraksi. 

Pada kegiatan ini AJI Balikpapan akan membuka stan untuk menampilkan aktivitas organisasi selama setahun, kondisi sosial budaya, serta perkembangan Kaltim sebagai ibu kota baru.

Keikutsertaan kontingen AJI Balikpapan didukung sejumlah pihak, yakni PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), dan Berau Coal. (*/pon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here