Bahas APBD, Banggar DPRD Surakarta Studi Banding ke Balikpapan

0
560

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 15 anggota DPRD Kota Surakarta yang tergabung dalam Badan Anggaran (Banggar) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (19/11/2019).

Dipimpin Ketua DPRD Kota Surakarta Budi Prasetyo, rombongan diterima Setda Kota Balikpapan Sayid MN Fadli mewakili Wali Kota Balikpapan di ruang rapat 2 Kantor Wali Kota Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan. Dia didampingi perwakilan Dispenda, ULP, BPKAD, Bappeda, Kabag Humas Pemkot Balikpapan serta lainnya.

Sementara, tujuan dari Kunker yang dilakukan anggota DPRD Kota yang terkenal dengan Keraton ini adalah untuk studi banding tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Balikpapan 2020.

Setda Kota Balikpapan Sayid MN Fadli (kanan) menerima cenderamata dari Ketua DPRD Kota Surakarta.

Ketua DPRD Kota Surakarta Budi Prasetyo mengatakan, dipilihnya Kota Balikpapan sebagai kota tujuan kunjungan kerja oleh Banggar DPRD Kota Surakarta karena Balikpapan sudah melakukan pembahasan Raperda APBD 2020.

“Kunjungan kami ke Balikpapan bertujuan untuk menggali informasi atau studi komparatif tentang Raperda APBD 2020, mekanismenya bagaimana dan pelaksanaannya juga bagaimana,” kata Budi.

Selain pembahasan Raperda APBD, Kunker juga dilakukan juga untuk menggali informasi tentang kegiatan pembangunan lainnya, salah satunya adalah pemaksimalan potensi pendapatan asli daerah (PAD) kota, baik pajak dan retribusi, e-bugetting serta e-planning.

“Salah satu perhatian kami adalah kiat-kiat apa saja yang telah dilakukan Pemkot Balikpapan dalam meningkatkan pajak dan retribusi daerah,” tambah Budi.

Suasana penerimaan kunker DPRD Kota Surakarta oleh Setda Kota Balikpapan Sayid MN Fadli di Kantor Wali Kota Balikpapan.

Sementara itu, Setda Kota Balikpapan Sayid MN Fadli mengatakan, kunjungan kerja yang dilakukan oleh anggota DPRD Kota Surakarta ini untuk studi banding tentang Raperda APBD Balikpapan tahun anggaran 2020.

“Di Balikpapan, saat ini Raperda APBD 2020 sudah tahap akhir dalam paripurna, yakni tinggal menunggu penyampaian pendapat akhir fraksi, lalu pengesahan. Kita berharap di awal Desember mendatang sudah bisa dikirim ke provinsi dan disetujui oleh Gubernur Kaltim,” kata Fadli.

Fadli menjelaskan, APBD Kota Balikpapan tahun anggaran 2020 sebesar Rp2,2 triliun lebih, sementara PAD Kota Balikpapan baru mencapai Rp700 miliar lebih.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here