HKN, Puskesmas Mekarsari dan Baru Tengah Raih Akreditasi Paripurna

0
297

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2019 digelar Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Senin (25/11/2019).

Upacara yang dipimpin Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan dihadiri para pelaku kesehatan, seperti dokter, perwakilan manajemen Rumah Sakit se-Balikpapan serta lainnya.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi dalam sambutannya mengatakan, warga Balikpapan patut berbangga karena kota ini telah meraih penghargaan sebagai kota sehat, Swasti Saba.

“Kita patut berbangga karena kota kita telah meraih penghargaan sebagai kota sehat, yakni penghargaan Swasti Saba. Prestasi ini harusnya menjadi penyemangat masyarakat agar tetap menjaga kota kita tetap sehat,” kata Rizal.

Sebelumnya, beberapa penghargaan juga diraih dalam bidang kesehatan oleh Kota Balikpapan, diantaranya Puskesmas Karang Rejo peraih Puskesmas fasilitas peringkat pertama, juara III tingkat Nasional, dr. Niken Ayu Angraini sebagai Dokter Teladan Nasional dan TK Bhayangkara peraih juara III sebagai Sekolah Sehat tingkat Nasional.

“Tahun ini, sebanyak 15 Puskesmas dilakukan rehabilitasi, dua diantaranya telah berstatus paripurna. Kedua Puskesmas itu adalah Puskesmas Mekarsari, Balikpapan Tengah dan Puskesmas Kelurahan Baru Tengah, Balikpapan Barat,” tambah Rizal.

Tak hanya Puskesmas Mekar Sari dan Puskesmas Baru Tengah, Klinik Resti Wirasakti Kodam VI Mulawarman juga meraih akreditasi paripurna. Saat ini Balikpapan telah memiliki tiga fasilitas kesehatan tingkat pertama atau FKTP telah terakreditasi paripurna.

“Pada 2020 mendatang, Pemkot Balikpapan melalui DKK Balikpapan akan mengusulkan 11 Puskesmas untuk diakreditasi. Sebelumnya, Balikpapan juga meraih penghargaan pelayanan prima kepada publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB),” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here