Edarkan Sabu, ASN BPBD Balikpapan Ditangkap Bersama 2 Temannya

0
205

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan bernama Agus Gunawan (37) ditangkap jajaran Satreskoba Polresta Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pasalnya, Agus Gunawan diduga mengedarkan narkoba jenis sabu serta menjadi bagian dari sindikat peredaran narkoba di Kota Beriman. Selain Agus Gunawan, polisi juga menangkap dua rekannya yakni Yulitry Yanto (34) dan Abdul Kadir Al Huda (39).

Kedua rekan Agus Gunawan yang ikut ditangkap adalah oknum honoreh dan mantan pegawai BPBD Balikpapan. Dari tangan ketiga tersangka, polisi mengamankan sabu seberat 9 gram sebagai barang bukti.

Kapolresta Balikpapan, AKBP Turmudi mengatakan, jajaran kepolisian di Balikpapan tidak henti-hentinya melakukan penindakan terhadap masyarakat yang menyalahgunakan narkoba karena sudah sangat meresahkan.

“Satreskoba Polresta Balikpapan telah mengamankan tiga warga yang diduga sindikat peredaran narkoba di Balikpapan. Ditangkapmya ketiga tersangka berkat laporan masyarakat yang resah akan maraknya peredaran narkoba di Balikpapan,” kata Turmudi, didampingi Kasat Rekoba Polresta Balikpapan AKP Hardianto saat jumpa pers di Mako Polresta Balikpapan Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (05/12/2019).

Turmidi menjelaskan status pekerjaan para tersangka, yakni Agus Gunawan adalah seorang oknum ASN yang bertugas di salah satu kantor pemerintah kota Balikpapan. Sedangkan Uli pernah menjadi bagian ASN, namun ia dipecat dari kerjaannya karena tersandung kasus nakorba juga.

Sedangkan, Abdul Kadir Al Huda merupakan pegawai honorer yang nota bene merupakan rekan kerja dari tersangka Agus Gunawan di BPBD Balikpapan.

Kapolresta Balikpapan, AKBP Turmudi bersama Kasat Reskoba Balikpapan menunjukkan barang bukti dalam jumpa pers kasus narkoba oknum ASN BPBD Balikpapan.

Lebih lanjut, tambah Turmudi, awalnya jajaran Sat Reskoba Polresta Balikpapan lebih dulu menangkap Abdul Kadir Al Huda. Setelah dilakukan pemeriksaan intensif dan berdasarkan pengakuannya, membeli sabu-sabu dari Agus.

“Mendapat informasi ini, tim kemudian melakukan penyelidikan dan penangkapan terhadap Agys Gunawan. Agus Gunawan ditangkap di kawasan Gunung Malang Jalan Letjen Sutoyo Balikpapan. Selain pengguna, mereka juga mengedarkan sabu,” terangnya.

Tak berhenti sampai disitu, tim Opsnal Satreskoba Polresta Balikpapan juga mengembangkan penangkapan Agus Gunawan dan Abdul Kadir Al Huda hingga diketahui bahwa salah satu rekan mereka, bekas ASN BPBD Balikpapan yang sudah dipecat karena kasus yang sama yakni Yulitry Yanto. Yulitry Yanto ditangkap di Samarinda.

“Ketiga tersangka kita jerat dengan pasal 114 subsider pasal 112 ayat 1 UU Republik Indonesia No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman diatas empat tahun penjara,” ujar Turmudi.

Sementara itu, ASN BPBD Balikpapan, Agus Gunawan saat ditanya wartawan membantah jika sebagai pengedar sabu. Agus hanya mengaku sebagai pemakai. Dan mulai ketagihan menggunakan sabu sejak enam bulan lalu.

“Saya tidak mengedarkan. Saya mulai menggunakan sabu sejak 6 bulan lalu. Menggunakan sabu untuk meningkatkan stamina saat bekerja,” ujar Agus.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here