Komisi 1 Tindaklanjuti Keluhan Warga Soal Sertifikat Rumah Yang Dijaminkan ke Bank Lain

0
501

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Komisi 1 DPRD Balikpapan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan manajemen salah satu bank pemerintah bersama manajemen Bank Bukopin dan perwakilan warga di ruang Komisi 1 Gedung DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Senin (09/12/2019).

RDP yang berlangsung tertutup ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi 1 DPRD Balikpapan, Johny Ng didampingi Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Balikpapan, Hasanuddin, bersama sejumlah anggota Komisi 1, yakni Siswanto Budi Utomo, Yohanis Patiung serta lainnya.

RDP membahas sejumlah permasalahan warga yang dilaporkan ke Komisi 1 DPRD Balikpapan berupa keluhan masyarakat yang membeli rumah di perumahan Pesona Aji Ria menggunakan jasa salah satu bank pemerintah sebagai bank pelaksana kredit. Ada sekitar 20-30 warga selaku pemilik rumah yang mengeluhkan permasalahan tersebut. Namun dalam kegiatan ini hanya 6 perwakilan warga yang mengikuti RDP.

“Permasalahannya sekarang, warga yang sudah membeli tanah dari bank tersebut dan merasa dibohongi karena saat pembayaran kredit sudah selesai dan akan mengambil sertifikat di bank bersangkutan, ternyata sertifikatnya sudah dijaminkan lagi ke bank lain yakni Bank Bukopin,” kata Johny Ng saat ditemui wartawan usai pertemuan.

Hal ini, tambah Johny Ng, menjadikan persoalan semakin ribet. Warga juga mengaku kecewa karena untuk mengambil sertifikat tanah dan rumah tersebut dibuat bolak-balik alias dipimpong dan tidak pernah ditanggapi dengan baik.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, Komisi 1 DPRD Balikpapan meminta solusi kepada bank bersangkutan untuk segera menyelesaikan permasalahan itu agar tidak berlarut-larut. Bahkan, Komisi 1 DPRD Balikpapan juga akan menjadwalkan ulang RDP bersama manajemen bank pemerintah tersebut bersama manajemen Bank Bukopin serta memanggil developer perumahan Pesona Aji Ria.

“Kita akan jadwalkan lagi RDP ini dengan memanggil developer perumahan Haji Ria bersama aparat hukum dari Polresta Balikpapan karena alasannya warga sudah melapor ke Polresta Balikpapan tapi tidak pernah ditanggapi,” tambah Johny Ng.

“Komisi 1 DPRD Balikpapan berharap permasalahan yang dilaporkan ini dapat terselesaikan dengan baik. Dan meminta pihak bank untuk komitmen menyerahkan sertifikat rumah kepada warga yang telah menyelesaikan pembayarannya,” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here