Dua Water Cannon Bantu Padamkan Kebakaran di Wisma Segara

0
564

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Peristiwa kebakaran kembali terjadi di kawasan pemukiman padat penduduk di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (11/01/2020).

Kali ini, kebakaran menghanguskan 14 rumah anggota kepolisian di Wisma Segara Pasar Baru Jalan Jenderal Sudirman RT 28 Kelurahan Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun akibat kejadian ini kerugian yang diderita para penghuni Asrama Polisi Wisma Segara mencapai miliaran rupiah.

Peristiwa kebakaran yang menimpa asrama polisi Balikpapan terjadi sekitar pukul 10.30 Wita. Bermula dari terlihatnya kepulan asap hitam pekat membumbung tinggi dari kompleks perumahan polisi tersebut.

Tak berselang lama, kobaran api muncul di antara kepulan asap hitam yang membumbung ke angkasa. Akibatnya, penghuni asrama polisi dibuat panik. Apalagi saat kejadian mobil pemadam kebakaran terlambat datang ke lokasi kejadian.

“Saat kejadian baru asap tebal yang keluar dari atap rumah yang ada di dalam asrama. Lambatnya bantuan mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi membuat api semakin besar hingga menghanguskan 14 rumah,” kata Edy, seorang penghuni rumah di Wisma Segara yang selamat dari amukan si jago merah.

Sekitar setengah jam setelah kepulan asap keluar dari atap rumah di Asrama Polisi Wisma Segara ini, sejumlah mobil pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan tiba di lokasi kejadian dan berusaha menjinakkan kobaran api.

Sayang, hembusan angin yang cukup kencang membuat kobaran api semakin membesar hingga api merembet ke rumah yang ada di sampingnya. Informasi yang didapat dari media ini, kepulan asap tebal pertama kali terlihat di rumah salah satu warga bernama Bambang. Tidak diketahui pasti asal api yang membakar rumah tersebut. Dugaan sementara api berasal dari arus pendek listrik.

Dua unit mobil Water Cannon milik Satbrimob Polda Kaltim diturunkan ke lokasi kejadian untuk membantu petugas BPBD Balikpapan memadamkan kobaran api, termasuk memberikan pasokan air untuk mobil pemadam kebakaran yang ada di lokasi kejadian. Setelah tiga jam lebih, kobaran api akhirnya dapat dijinakkan petugas.

Peristiwa kebakaran di Asrama Polisi Wisma Segara Balikpapan mendapat perhatian dari Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kaltim Irjen Pol Muktiono, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Kapolresta Balikpapan KBP Turmudi serta sejumlah pejabat teras dari Polda Kaltim.

Kepala BPBD Balikpapan Suseno mengatakan, setelah mendapat laporan dari warga tentang kebakaran di Wisma Segara, pihaknya langsung menurunkan personel berikut belasan unit mobil pemadam kebakaran.

“Api pertama kali terlihat berasal dari blok B lalu merembet ke rumah yang ada di dekatnya. Rumah yang saling berdempetan membuat api mudah berpindah hingga hingga ke blok di sebelahnya yakni blok A. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini,” ujar Suseno.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here