Komisi IV Sidak, Kunjungi Kantor RDMP Tanyakan Jumlah Pekerja Lokal

0
426

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Komisi IV DPRD Balikpapan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor RDMP di Apartemen Pertamina Jalan Letjen Suprapto, Kecamatan Balikpapan Barat, Senin (13/01/2020).

Sidak dipimpin Wakil Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan H. Iwan Wahyudi dihadiri Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Balikpapan Arbain Side, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Balikpapan Djonaziansjah serta sejumlah staf Disnaker Balikpapan.

Rombongan diterima sejumlah pejabat proyek RDMP RU V Balikpapan diantaranya Purnomo, Sutopo, Widodo Tri R, Nur Rochman serta lainnya.

Dalam penjelasannya, Widodo mengatakan, sebanyak 14 kontraktor dengan spesifikasi kontruksi telah menjalin kerjasama dengan Pertamina dalam rangka pembangunan RDMP RU V Balikpapan.

“Saat ini baru 14 kontraktor yang telah bekerjasama dengan Pertamina di proyek RDMP RU V Balikpapan ini. Namun, pada 2022 mendatang diperkirakan akan bertambah termasuk jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan mencapai 15.000 orang,” ujar Widodo.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan Iwan Wahyudi mengatakan, kedatangan Komisi IV DPRD Balikpapan bertujuan untuk memastikan penyerapan tenaga kerja lokal. Berdasarkan data Komisi IV serta Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Balikpapan ditemukan jumlah 3.900 orang bekerja di proyek RDMP.

“Dari jumlah 3.900 pekerja tersebut baru terserap 40 persen diisi tenaga kerja lokal atau sekitar 1.560 orang. Sisanya 60 persen tenaga kerja dari luar. Sehingga angka serapan tersebut masih jauh dari harapan,” ujar Iwan Wahyudi.

Oleh karena itu, Komisi IV DPRD Balikpapan mendorong pihak Pertamina dan Disnaker Balikpapan untuk melakukan komunikasi inten bersama kontraktor guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja lokal. Apalagi pada 2022 mendatang kebutuhan tenaga kerja di proyek RDMP RU V Balikpapan mencapai 15.000 orang.

“Guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja di proyek RDMP RU V Balikpapan pada 2022 yang mencapai 15.000 orang, maka kita harus mempersiapkan SDM untuk mengisinya,” tukas Iwan.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here