Kagumi Miniatur Alam Semesta di Museum Zamzam (Bag-10)

0
556

Kabargupas.com, MEKKAH – Perjalanan ibadah umroh jamaah PT. Wahyu Abadi Wisata di Kota Mekkah Al Mukaromah pada hari ke-6, mendapat kesempatan berkunjung ke Museum Zamzam Tower, Jumat (24/01/2020).

Dipimpin ustadz Badrus Syamsi dengan pendamping ibadah (muthowif) Parlautan Lubis, rombongan jamaah umroh melihat dari dekat kondisi Museum Zamzam Tower,

Di Museum Zamzam Tower menyediakan berbagai informasi menarik tentang model dan struktur mengenai alam semesta seperti galaksi. Di lantai satu, jamaah disambut dengan miniatur alam semesta hingga galaksi dengan menggunakan ilustrasi audio visual.

Lantai kedua dikhususkan untuk menggambarkan proses perputaran bulan, bumi, dan matahari. Di lantai tiga, untuk mempelajari metode menentukan waktu dan panorama Kota Mekkah.

Pemandangan Ka’bah dilihat dari ketinggian di Tower Zamzam, Mekkah Al Mukaromah, Jumat (24/01/2020).

Jamaah umroh Wahyu Abadi Wisata, Erny mengaku kagum dan senang bisa mengunjungi langsung Museum Zamzam. Pasalnya, kunjungan ke Museum Zamzam adalah kesempatan langka dan jarang didapat. Apalagi dengan harga tiket masuknya yang cukup mahal.

“Subhanallah. Kondisi museum di dalamnya ternyata sangat luar biasa. Di dalamnya ternyata menyimpan informasi menarik tentang model dan struktur mengenai alam semesta seperti galaksi,” kata Erny.

Sementara itu, pendamping ibadah (muthowif) jamaah umroh Wahyu Abadi Wisata, Parlautan Lubis mengatakan, untuk berkunjung ke Museum Zamzam harus membeli tiket masuk dengan harga 150 Riyal atau sekira Rp 600 ribu.

Menurut ustadz Lubis, demikian dia disapa, Museum Zamzam berada Tower Zamzam, yakni bangunan tertinggi ketiga di dunia di bawah Burj Khalifa, Dubai dan posisi kedua ada Shanghai Tower. Dikenal dengan sebutan Zamzam Tower atau Menara Jam Makkah.

Jamaah umroh Wahyu Abadi Wisata asyik melihat tayangan miniatur alam semesta yang dikemas dalam visualisasi.

“Zamzam tower merupakan bagian dari komplek Abraj al Bait, yang terletak di depan Masjidil Haram. Selain menunaikan ibadah haji, umat muslim juga bisa berkunjung ke sini sebagai tempat wisata religi dan edukasi,” kata Lubis.

Dia menambahkan, Tower Zamzam memiliki tinggi 601 meter dengan 76 lantai dan 858 kamar. Menara ini juga merupakan gedung menara jam tertinggi di dunia bahkan mengalahkan ketinggian menara jam The Big Ben, London. Hal ini dikarenakan Zamzam Tower 35 kali lebih besar dibanding Big Ben.

“Gedung pencakar langit ini adalah salah satu ikon Kota Makkah Al Mukaromah karena Zamzam Tower dapat terlihat di penjuru kota terutama dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan untuk para jamaah atau wisatawan,” ucap Lubis.

Untuk diketahui, Zamzam Tower ini memiliki puncak menara setinggi 128 meter dengan sabit emas setinggi 23 meter di atasnya sehingga dari menara ini akan terlihat keindahan kota Makkah dan keindahan Ka’bah.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here