Di Mekkah, Jamaah Kunjungi Padang Arafah dan Mina (Bag-11)

0
589

Kabargupas.com, MEKKAH – Hari ketujuh perjalanan ibadah umroh jamaah PT. Wahyu Abadi Wisata di Kota Makkah Al Mukaromah, Arab Saudi, kembali melakukan ziarah serta mengunjungi sejumlah tempat bersejarah, Sabtu (25/01/2020).

Kali ini, tempat bersejarah yang ada di kota kelahiran Nabi Muhammad SAW ini dikunjungi, yakni Jabal Tsur, Padang Arafah, Jabal Rahmah, Muzdalifah, Mina, Ja’rona (tempat niat umroh), Jabal Nur, dan Pekuburan Ma’la.

Pimpinan rombongan ustadz Badrus Syamsi mengatakan, agenda kegiatan di hari ketujuh adalah melakukan kunjungan ke sejumlah tempat bersejarah di kota Mekkah. Kegiatan kali ini juga akan dirangkai dengan ibadah umroh kedua.

Pandangan Padang Arafah dilihat dari bukit tempat bertemunya Nabi Adam AS dan Siti Hawa, yakni Jabal Rahmah, Sabtu (25/01/2020).

“Setelah ziarah, nanti akan dilanjutkan dengan umroh kedua. Pengambilan miqot (tempat menanamkan niat untuk memulai ihrom) akan dilakukan di Ja’rona,” kata Badrus Syamsi.

Rombongan jamaah umroh Wahyu Abadi Wisata didampingi Parlautan Lubi, Muthowif (pembimbing ibadah kota Mekkah), usai meninggalkan hotel langsung menuju tempat bersejarah yang sudah ditentukan.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah melihat gunung Tsur atau lebih dikenal dengan Jabal Tsur. Kemudian ke Padang Arafah, sembari melihat kondisi Jabal Rahmah atau gunung kasih sayang, yakni tempat bertemunya Nabi Adam Alaihisalam dan Siti Hawa.

“Arafah adalah daerah terbuka dan luas di sebelah timur luar kota suci umat Islam di Mekkah, Arab Saudi. Di padang yang luas ini, pada satu hari tanggal 9 Dzulhijjah pada penanggalan Hijriyah berkumpullah lebih dari dua juta umat Islam dari berbagai pelosok dunia untuk melaksanakan inti ibadah haji, ibadah Wukuf,” tambah Lubis.

Bangunan lima tingkat di Mina yang menjadi tempat melontar jumroh bagi jamaah saat musim haji.

Usai mengunjungi Padang Arafah dan Jabal Rahmah, rombongan kemudian diantar ke kawasan Mina, tempat berkumpulnya umat muslim yang menjalankan ibadah haji.

“Di sebelah kiri kita adalah tempat melontar jumroh. Ada lima tingkat di lokasi ini,” kata Parlautan Lubis.

Selanjutnya, perjalanan memasuki terowongan Mina, lalu menuju tempat miqot di Ja’rona yakni tempat jamaah mengambil niat untuk ibadah umroh.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here