Komisi IV Sidak Bandara Sepinggan Pastikan Kesiapan Antisipasi Virus Corona

0
334

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Komisi IV DPRD Balikpapan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Bandara SAMS (Sultan Aji Muhammad Sulaiman) Sepinggan Balikpapan, Jalan Marsma Iswahyudi, Rabu (29/01/2020).

Sidak yang dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan, Muhammad Taqwa ini, bertujuan untuk memastikan kesiapan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dalam rangka mengantisipasi masuknya virus Corona yang terbawa oleh penumpang pesawat udara dari luar negeri, khususnya dari China dan Singapura.

Hadir pada sidak ini, Iwan Wahyudi (Wakil Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan) Sandy Ardian (Sekretaris Komisi IV DPRD Balikpapan), Puryadi, Capt. Umar Hatta, Suryani, Fadlianoor, Ardiansyah, Parlindungan, dan Rahmatia.

Rombongan diterima langsung oleh General Manager PT. Angkasa Pura I Balikpapan, Farid Indra Nugraha didampingi sejumlah pejabat dan staf di Kantor PT. Angkasa Pura I Balikpapan kompleks Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Setelah mendapat penjelasan, rombongan kemudian melihat langsung lokasi alat thermal scanner yang terpasang di terminal kedatangan Internasional Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan didampingi Farid Indra Nugraha dan staf PT. Angkasa Pura I Balikpapan serta petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Balikpapan.

Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan Muhammad Taqwa mengatakan, maksud dari sidak yang dilakukan Komisi IV DPRD Balikpapan ke Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan adalah untuk memastikan kesiapan bandara dalam mengantisipasi masuknya virus Corona di Balikpapan.

GM PT Angkasa Pura I Balikpapan Farid Indra Nugraha (2 dari kanan) memberikan penjelasan kepada rombongan Komisi IV DPRD Balikpapan terkait penanganan penumpang pesawat yang tiba di Bandara Sepinggan dari Singapura.

“Komisi IV konsen di masalah kesehatan. Dan sama-sama diketahui bahwa suspect virus Corona sudah menjadi isu internasional. Balikpapan yang menjadi salah satu kota yang banyak dikunjungi oleh orang-orang asing. Lepas dari itu semua, bahwa kita merasa perlu melakukan langkah antisipasi berkaitan dengan mewabahnya virus Corona,” kata Muhammad Taqwa kepada Kabargupas.com.

Dia menambahkan, Balikpapan punya airport dan pelabuhan laut dan menjadi gerbang Kalimantan Timur, maka sangat memungkinkan ketika misalnya hal-hal yang negatif akan masuk ke Balikpapan, salah satunya adalah virus Corona.

“Hari ini kita datang ke wilayah kerja Angkasa Pura I Balikpapan untuk memastikan langkah-langkah preventif yang dilakukan teman-teman Angkasa Pura sebagai operator lalu lintas udara di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, bagaimana kesiapan dan langkah-langkah antisipasinya,” tambah Taqwa.

Pihaknya bersyukur karena sudah ada KKP Balikpapan yang sudah terlibat di dalamnya. Ini menjadi penting menurut Komisi IV DPRD Balikpapan untuk diselaraskan bahwa langkah-langkah untuk mencegah masuknya virus Corona ini harus dilakukan.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I Balikpapan Farid Indra Nugraha mengatakan, langkah antisipasi sudah dilakukan PT. Angkasa Pura I Balikpapan sebagai operator Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dalam mengantisipasi masuknya virus Corona tersebut.

“Antisipasi yang dilakukan Angkasa Pura I Balikpapan adalah melibatkan Kantor Kesehatan Pelabuhan Balikpapan dalam menangani penumpang pesawat yang tiba di bandara ini, utama penumpang dari China dan Singapura,” kata Farid.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here