Atraksi Terjun Payung Meriahkan HUT Ke-123 Kota Balikpapan

0
221

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Upacara Hari Jadi Kota Balikpapan ke-123 tahun yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan di Lapangan Merdeka Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan berlangsung meriah, Senin (10/02/2020).

Bahkan, kemeriahan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-123 Kota Balikpapan yang dipimpin Gubernur Kaltim Isran Noor ini disebut-sebut melebihi kemeriahan peringatan HUT TNI maupun HUT Kodam VI Mulawarman.

Pasalnya, pada upacara HUT ke-123 Kota Balikpapan ini dimeriahkan dengan aneka atraksi kedirgantaraan diantaranya terjun payung, atraksi pesawat tempur persembahan dari Lanud Dhomber Balikpapan, atraksi paramotor Dandito Aero Sport Team Balikpapan hingga aksi memukau 1.279 pelajar dalam Balikpapan Menari.

Hadir dalam upacara HUT ke-123 Kota Balikpapan, Pangdam VI Mulawarman, Dandim 0905 Balikpapan, Kapolresta Balikpapan, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, tiga Wakil Ketua DPRD Balikpapan serta lainnya.

Ribuan pelajar menari memecahkan rekor MURI penari terbanyak di upacara HUT ke-123 Kota Balikpapan di Lapangan Merdeka.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat sehingga upacara hari jadi ke-123 kota Balikpapan ini dapat diselenggarakan.

“Atas nama masyarakat Kota Balikpapan saya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Kaltim Bapak Isran Noor yang disela sela kesibukannya telah berkenan hadir dan menjadi inspektur upacara,” kata Rizal Effendi dalam sambutannya.

Rizal menambahkan, momentum ini sekaligus guna memperkuat komitmen Kota Balikpapan dalam perannya berpartisipasi dalam membangun Provinsi Kaltim, khususnya menyukseskan agenda besar bersama yaitu pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim.

Di kesempatan ini, Rizal mewakili masyarakat dan Pemkot Balikpapan menyatakan kesiapan menjadikan Balikpapan sebagai kota penyangga IKN, sebagaimana yang juga menjadi tema Hari Jadi Balikpapan tahun 2020.

“Kita memahami bahwa persiapan menjadi IKN bukanlah proses yang singkat. Diperlukan sinergi dan komunikasi yang baik dan berkelanjutan dari semua pihak, termasuk pemerintah pusat dan daerah serta para pemangku kepentingan dan seluruh lapisan masyarakat,” tambahnya.

Penyerahan piagam Rekor MURI penari terbanyak di upacara HUT ke-123 Kota Balikpapan.

Menurut Rizal, Balikpapan siap dilibatkan dalam berbagai diskusi terkait IKN, mengingat peran daerah penyangga di sekitar IKN tentunya sangat penting, bukan hanya nanti saat IKN telah resmi dipindahkan, namun sejak masa persiapan sekarang.

“Balikpapan siap dilibatkan dalam berbagai diskusi terkait IKN. Pasalnya, Balikpapan memiliki peran yang sangat penting sebagai kota penyangga IKN,” pungkasnya.

Sementara itu, Indriawati, warga Jalan Prapatan Dalam, Kecamatan Balikpapan Kota mengaku kagum dengan kemeriahan HUT ke-123 Kota Balikpapan yang menampilkan aneka atraksi menarik dari berbagai persembahan masyarakat, pelajar, komunitas pecinta kedirgantaraan.

“Sangat menarik, upacara HUT ke-123 Kota Balikpapan hari ini sangat meriah. Ada atraksi terjun payung, atraksi pesawat tempur dan paramotor Dandito Aero Sport Team hingga ribuan pelajar menari yang memecahkan rekor MURI. Upacara HUT Kota Balikpapan ini ngalahin upacara HUT TNI sama HUT Kodam VI Mulawarman,” kata Indriawati.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here