Ketua Bapemperda DPRD Balikpapan Terima Kunker DPRD Banyumas

0
214

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyumas melakukan kunjungan kerja (Kunker) di DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (11/02/2020).

Kunker DPRD Banyumas dari Badan Perencana Pembuatan Peraturan Daerah (Bapemperda) ini bertujuan untuk menggali informasi tentang penyusunan pembuatan produk hukum daerah yakni Peraturan Daerah (Perda).

Rombongan yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Banyumas Supangkat diterima Ketua Bapemperda DPRD Balikpapan Andi Arif Agung bersama sejumlah anggota DPRD Balikpapan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyumas Supangkat mengatakan, Bapemperda DPRD Banyumas melakukan kajian ke Balikpapan untuk belajar tentang penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) untuk dijadikan Perda Kabupaten Banyumas.

“Di Kabupaten Banyumas setiap tahun rata-rata ada 24 Raperda yang diusulkan untuk dijadikan Perda Kabupaten Banyumas, baik usulan dari eksekutif maupun legislatif. Cuma, kadang-kadang yang dari legislatif ini menjadi keterlambatan karena sering kali ada pengajuan di luar dari Propemperda sehingga Raperda yang disepakati akhirnya tertunda,” kata Supangkat.

Akibat pengajuan Raperda di luar Propemperda, tambah Supangkat, sampai kadang-kadang Raperda yang dibahas oleh Pansus melewati tahun anggaran. Apakah Raperda tersebut berlanjut atau tidak.

Oleh karena itu, terang Supangkat, kedatangan rombongan anggota DPRD Banyumas ke Balikpapan untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan tentang penyusunan Raperda sesuai Propemperda (Program Pembuatan Peraturan Daerah) agar dapat diaplikasikan di Kabupaten Banyumas.

“Kami ingin melihat bagaimana Bapemperda DPRD Balikpapan mengatur di tiga masa sidang itu. Di DPRD Banyumas ada 24 Raperda dan kalau dibagi 3 maka satu sidang menjadi 8 Raperda yang sedang diusulkan untuk ditingkatkan menjadi Perda. Namun, sering kali Pemerintah Daerah karena adanya peraturan baru selalu membuat pengajuan Raperda baru di luar program,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bapemperda DPRD Balikpapan Andi Arif Agung mengatakan, teman-teman dari DPRD Banyumas datang ke Balikpapan dalam rangka tukar pikiran atau studi komparasi tentang Bapemperda.

“Kita ini kan masing-masing punya sistem yang aga beda. Di Balikpapan, pembuatan Perda terpusat di Bapemperda DPRD Balikpapan. Sedangkan di Banyumas setiap komisi atau setiap di kelengkapan dewan bisa ditugasi untuk membuat Perda. Tapi, aturan untuk pembuatan Perda tersebut tetap sama,” kata Andi Arif Agung.

Menurut Andi Arif Agung, kalau DPRD Balikpapan pembahasan Raperda jauh lebih fokus, sementara mereka datang kesini untuk belajar cara penyusunan Raperda tersebut. Intinya, mereka kurang fokus dalam pembahasan-pembahasan pembuatan Perda.

“Di DPRD Balikpapan, pada 2020 ini Bapemperda kita menargetkan 19 Raperda untuk dijadikan Perda termasuk luncurannya. Tapi di luar Perda APBD, Perda APBD Perubahan, dan Perda Laporan Pertanggungjawaban Wali Kota,” pungkasnya.

Penulis: Wahyu Sugiarto
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here