Curi Dompet Pedagang Pasar Pandansari, IRT di Balikpapan Ditangkap

0
208

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) berinisial JL, warga Jalan Letjen Suprapto RT 17, Kelurahan Baru Tengah, Kecamatan Balikpapan Barat terpaksa berurusan dengan aparat kepolisian dari Polsek Balikpapan Barat.

Pasalnya, JL ditangkap karena diduga melakukan pencurian sebuah dompet milik seorang pedagang di kawasan Pasar Pandansari pada Selasa (11/02/2020).

Wakapolsek Balikpapan Barat, Iptu M. Rachmawan dalam jumpa pers yang digelar di Mako Polsek Balikpapan Barat mengatakan, ditangkapnya pelaku pencurian ini bermula dari laporan korban yang melaporkan telah kehilangan sebuah dompet berisikan uang tunai belasan juta rupiah dan perhiasan emas yang tersimpan di laci lapak dagangan korban.

Dari hasil pemeriksaan, modus yang dilakukan pelaku adalah berpura-pura membeli dagangan yang dijual korban. Korban yang dibuat sibuk tidak sadar jika dompet di dalam laci lapak dagangan sedang diincar.

“Saat korban lengah, pelaku lalu mengambil dompet dari dalam laci lapak dan kabur meninggalkan korban yang masih menyiapkan permintaan pelaku,” kata Rachmawan dihadapan wartawan, Rabu (12/02/2020).

Sadar pelaku sudah pergi, korban kemudian memeriksa laci lapak dan melihat dompet berisikan uang tunai belasan juta rupiah dan perhiasan emas telah raib. Tak ingin barang miliknya digondol pelaku, korban dan seorang anak buahnya lalu mencari pelaku namun tidak ditemukan.

“Akibat peristiwa itu, korban mengalami kerugian sebesar Rp30 juta, terdiri uang tunai Rp15 juta dan perhiasan emas senilai Rp15 juta,” tambahnya.

Korban kemudian melaporkan peristiwa pencurian tersebut ke Polsek Balikpapan Barat dengan barang bukti video hasil rekaman kamera tersembunyi alias CCTV.

Mendapat laporan korban, petugas Reskrim Polsek Balikpapan Barat tak membutuhkan waktu lama untuk menangkap pelaku di rumahnya. Ikut diamankan sebuah motor Yamaha NMax yang digunakan pelaku saat beraksi, sebuah motor Honda Scoopy yang baru dibeli serta sisa uang dan perhiasan hasil curian.

“Tidak membutuhkan waktu lama petugas kami langsung mengamankan pelaku berikut barang bukti hasil curian serta dua unit motor sebagai barang bukti,” terang Rachmawan.

Akibat perbuatannya, pelaku terpaksa merasakan dinginnya sel tahanan Polsek Balikpapan Barat dan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian yang ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati
Foto: Istimewa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here