Penertiban PKL Pandansari, Wawali: Kalau Tertib Orang Senang Belanja Disini

0
538

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Penertiban pedagang kaki lima (PKL) Pasar Pandansari dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, melalui tim gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Balikpapan, Dinas Perdagangan Kota Balikpapan, melibatkan aparat dari TNI Polri, Kamis (13/02/2020).

Penertiban PKL Pasar Pandansari Balikpapan Barat dibawah komando langsung Wakil Wali Kota (Wawali) Balikpapan Rahmad Mas’ud, berlangsung aman dan lancar. Hadir mendampingi Wawali Balikpapan adalah Kasatpol PP Balikpapan, Kepala Dinas Perdagangan Balikpapan, Asisten I Pemkot Balikpapan, Camat Balikpapan Barat serta Kasatpol PP Provinsi Kaltim.

Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, kegiatan ini memang tahapan yang dilakukan pemerintah kota bersama dengan Dinas Perdagangan Kota Balikpapan. Dari awal kemarin Pemkot Balikpapan mengadakan penertipan termasuk parkir-parkir dan PKL yang berada di luar.

“Nah ini kita lakukan terus-menerus (continue) walaupun kita memahami warga kita, begitu penertipan selesai dia maju lagi. Inilah kita berikan pemahaman kepada mereka, bahwa kalau mereka tertib saya yakin ini lancar dan mungkin penghasilannya juga lebih banyak lagi. Karena begitu orang masuk ke sini macet kan akhirnya gak lama-lama, artinya dia beli seadanya saja,” kata Rahmad.

Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud (kaus kuning) memimpin langsung penertipan PKL Pasar Pandansari Balikpapan Barat, Kamis (13/02/2020).

Tapi, tambah Rahmad, kalau tertib orang akan senang berbelanja disini. Tadinya pengunjung satu hari mungkin 100, nanti bisa jadi 200. Karena orang ke sini melihat kenyamanan, baik dari parkir, dari jalan masuk pasar ini maupun lainnya.

“Inilah perlunya peranan kita untuk selalu konsisten meninjau kondisi pasar Pandansari ini. Bulan kemarin dan beberapa bulan ini kita tinjau terus. Penertipan sudah kita sampaikan ke warga, kita sosialisasikan, kemudian kita melihat apa-apa yang kurang di Pasar Pandansari ini sehingga mereka harus parkir keluar dan harus berjualan di luar. Kita berusaha supaya mereka berjualan di dalam pasar,” tambahnya.

Lebih lanjut, papar Rahmad, baru tahun lalu renovasi Pasar Pandansari selesai. Jadi sayang jika tidak dimanfaatkan secara maksimal. Memang perlu keseriusan, makanya dengan keseriusan ini pihaknya selalu hadir untuk memberikan pemahaman kepada para pedagang, kepada masyarakat yang parkir di luar supaya tempat ini lebih representative dan nyaman hingga orang yang datang ke sini bisa lebih nyaman lagi.

“Memang perlu keseriusan kita. Makanya dengan keseriusan ini bkita selalu hadir untuk memberikan pemahaman kepada para pedagang, kepada saudara-saudara kita yang parkir di luar supaya tempat ini lebih representative dan nyaman,” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here