Bantu 3.450 UMKM, Pertamina MOR VI Siapkan Rp12 Miliar

0
115

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan melaksanakan roadshow sosialisasi program kemitraan Pertamina bekerjasama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) DPC Balikpapan dalam rangka HUT IWAPI Ke-45 di Plaza Balikpapan. Sosialisasi disampaikan oleh perwakilan Pertamina MOR VI yakni Silvani Maiyestuhariani, Officer CSR & SMEPP.

Roadshow Pertamina ini merupakan satu dari rangkaian acara yang telah berlangsung sejak 10 Februari 2020 dan akan ditutup pada 16 Februari 2020 mendatang. Pada kegiatan ini hadir Ketua IWAPI DPC Balikpapan Hj. Ernawati, SE dan perwakilan dari Pegadaian dan peserta sosialiasi adalah anggota IWAPI DPC Balikpapan dan beberapa pelaku UMKM Kota Balikpapan yang berpartisipasi pada Food Festival. Kersajama yang terjalin antara Pertamina dan IWAPI tidak hanya sebatas roadshow ini saja.

Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan Roberth Marchelino Verieza melalui siaran resminya mengatakan, Pertamina dan IWAPI DPC Balikpapan akan melakukan kerjasama lebih lanjut yaitu menggandeng anggota IWAPI DPC Balikpapan menjadi mitra binaan UMKM Pertamina. Mulai dari sektor usaha jasa hingga industri kreatif dan Food & Beverages.

“Pertamina menjadi BUMN pertama yang bekerjasama dalam upaya peningkatan usaha dan pemberdayaan UMKM melalui Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Balikpapan. Antusiasme yang besar ditunjukkan dari para peserta terutama anggota IWAPI terhadap program ini disebabkan banyak yang mengajukan permohonan menjadi mitra binaan Pertamina setelah sosialisasi tersebut,” ujar Roberth, Kamis (13/02/2020).

Menurut Roberth, tahun ini total Rp12 miliar Pertamina MOR VI siapkan untuk membantu UMKM mengembangkan usahanya. Sejak 1993, Pertamina telah menjaring 3.450 UMKM se-Kalimantan untuk menjadi mitra binaan. Keuntungan menjadi mitra binaan Pertamina sangat banyak, selain bantuan dana usaha bergulir tetapi juga kesempatan untuk berpartisipasi.

“Menjadi mitra binaan Pertamina cukup mudah yaitu usaha milik Warga Negara Indonesia, total penjualan pertahun maksimum Rp2.5 miliar, kekayaan bersih maksimum Rp500 juta, usaha sudah berjalan minimum 6 bulan dan punya potensi berkembang, usaha milik sendiri (bukan anak perusahaan atau berafiliasi dengan usaha besar), dan badan usaha merupakan perseroan dan tidak berbadan hukum belum memenuhi persyaratan perbankan,” tambahnya.

Setelah syarat telah dipenuhi, terangnya, tim dari Pertamina akan melakukan survey untuk dinilai mengenai kelayakan diberikan dana usaha bergulir atau tidak. Jika disetujui maka akan dilanjutkan dengan tanda-tangan kontrak.

Dana usaha bergulir dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kesanggupan dari calon mitra binaan dengan jasa administrasi 3% yang benefitnya akan diterima kembali oleh penerima manfaat berupa pelatihan dan keikutsertaan dalam pameran.

“Jasa administrasi itu digunakan untuk biaya pembinaan mitra seperti pelatihan dan keikusertaan mitra dalam pameran dalam dan luar negeri. Bagi warga Kalimantan Timur yang berminat menjadi mitra binaan Pertamina disilakan untuk dapat mengunjungi Rumah Kreatif BUMN di SPBU Sepinggan Balikpapan,” tutup Roberth.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here