Studi Soal Retribusi Pajak Daerah, DPRD Pandeglang ke Balikpapan

0
281

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 12 anggota DPRD Kabupaten Pandeglang melakukan kunjungan kerja (Kunker) di DPRD Kota Balikpapan Jalan Jenderal Sudirman, Selasa (18/02/2020).

Rombongan Wakil Rakyat dari salah satu kabupaten di Provinsi Banten ini merupakan panitia khusus (Pansus) DPRD Pandeglang yang dipimpin Ketua Pansus 1 DPRD Pandeglang Hasanudin diterima oleh Wakil Ketua DPRD Balikpapan Subari dan Ketua Komisi II DPRD Balikpapan Riri Saswita Diano di ruang rapat gabungan Kantor DPRD Balikpapan.

Dalam kunjungannya, Pansus 1 DPRD Pandeglang belajar atau studi banding soal pengelolaan retribusi pajak daerah. Di pilihnya Balikpapan karena dinilai telah menerapkan pengelolaan retribusi pajak daerah tersebut.

“Kami sengaja memilih kota Balikpapan karena telah menerapkan peraturan daerah tentang pengelolaan retribusi pajak daerah ini,” kata Hasanudin kepada Kabargupas.com usai pertemuan.

Dia menambahkan, penerapan retribusi dan pajak daerah di kabupaten Pandeglang sejak diterbitkan pada 2011 lalu hasilnya masih minim. Padahal, di Kabupaten Pandeglang potensi peningkatan retribusi dan pajak daerah sangat potensial.

“Sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang mempunyai sejumlah tempat wisata alam yang sangat eksotik dan memanjakan mata, serta posisi yang strategis karena berada di wilayah pesisir pantai Selat Sunda. Sayang, kondisi ini tetap tidak bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) hingga kami harus belajar ke Balikpapan,” terangnya.

Pihaknya berharap, dengan berkunjung ke DPRD Balikpapan, berbagai informasi penting tentang pengelolaan retribusi pajak daerah dapat dibawa pulang dan diterapkan di Kabupaten Pandeglang.

“Mudah-mudahan setelah berkunjung ke DPRD Balikpapan ini kita bisa mendapatkan informasi penting tentang pengelolaan retribusi pajak daerah dan dapat diterapkan di Pandeglang,” tutup Hasanudin.

Penulis: Wahyu Sugiarto
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here