Banjir RT 28 Graha Indah, Komisi III DPRD Balikpapan Gelar RDP

0
373

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Menindaklanjuti keluhan masyarakat tentang permasalahan banjir, Komisi III DPRD Balikpapan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Senin (25/02/2020).

RDP dipimpin Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Alwi Al Qadri didampingi Sekretaris dan anggota Komisi III DPRD Balikpapan, Ali Munsjir Halim, Nelly Turuallo dan Taufik Qulrahman ini dihadiri Camat Balikpapan Utara Fachrul Razji, Lurah Graha Indah Satrio, Ketua RT 28 Graha Indah Sulistiono, perwakilan OPD Pemkot Balikpapan diantaranya Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Balikpapan, perwakilan BPBD Balikpapan Suranto serta lainnya.

Ketua RT 28 Taman Bukit Sari Kelurahan Graha Indah Sulistiono mengatakan, datang ke DPRD Balikpapan mengikuti RDP bersama Komisi III DPRD Balikpapan bertujuan untuk mengadukan permasalahan banjir yang kerap melanda di lingkungan RT 28.

“Keluhan warga setempat, khususnya RT 28, RT 26 dan 27 itu adalah ketika hujan saat tengah malam. Pasalnya, disaat warga sedang terlelap tidur, banjir tiba-tiba datang melanda pemukiman kami,” kata Sulistiono saat ditemui Kabargupas.com di Kantor DPRD Balikpapan.

Menurut Sulistiono, banjir yang kerap melanda pemukiman warga ini disebabkan sungai yang ada lingkungan ketiga RT mengalami pendangkalan alias sedimentasi akibat adanya pengupasan lahan untuk perumahan.

Oleh karena itu, tambah Sulistiono, pihaknya berharap OPD Pemkot Balikpapan, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Balikpapan bisa segera melakukan pengerukan sedimentasi guna mengatasi permasalahan-permasalahan banjir di ketiga RT tersebut.

“Banjir paling parah terjadi saat awal Januari 2020 lalu, menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir. Banjir sering melanda rumah kami ketika hujan turun selama 2 jam. Kami memohon kepada Dinas PU Balikpapan untuk segera melakukan pengerukan agar pemukiman kami bisa terbebas dari banjir,” harapnya.

Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Alwi Al Qadri mengatakan, RDP yang digelar ini tak lain untuk memecahkan persoalan dan mencari solusi terbaik, khususnya dalam menangani masalah banjir di RT 28, RT 26 dan 27 Kelurahan Graha Indah Balikpapan Utara.

“Tadi kita sudah dengar dari Dinas PU Balikpapan. Pengerukan sedimentasi sungai di lingkungan RT 28 tersebut akan dilakukan agar pemukiman warga bebas dari banjir. Namun, untuk melaksanakan pengerukan sedimentasi tersebut harus dilakukan penjadwalan. Intinya, keluhan warga sudah kita tindaklanjuti,” kata Alwi.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here