Ratusan Pohon Ditanam PDIP di Belakang Gedung Kesenian Balikpapan

0
319

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Ratusan pohon khas Kalimantan ditanam kader dan simpatisan Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalimantan Timur dan kader Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Balikpapan di belakang Gedung Kesenian Jalan Syarifuddin Yoes Balikpapan, Sabtu (29/02/2020).

Gerakan Nasional Penanaman Pohon dalam rangka HUT ke-47 PDI Perjuangan ini dihadiri Ketua dan sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Kaltim Safaruddin dan Ananda Amir Moeis, Ketua DPC PDI Perjuangan Balikpapan Thohari Aziz, sekjen DPC PDI Perjuangan Balikpapan Budiono serta puluhan kader PDI Perjuangan Balikpapan lainnya.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim Safaruddin mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan rangkaian dari memperingati HUT ke-47 PDI Perjuangan serta dalam rangka menyambut Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDI Perjuangan Kaltim di Balikpapan.

“Penanaman pohon ini kita lakukan sebagai upaya menjaga kelestarian alam Indonesia, khususnya alam di Kalimantan Timur. Tak hanya kali ini saja, penanaman pohon ini mungkin akan ada lagi kegiatan berikutnya,” kata Safaruddin saat ditemui wartawan usai kegiatan.

Menurut Safaruddin, tidak hanya di lokasi tertentu saja dalam melakukan penanaman pohon ini, di rumah masing-masing juga bisa dengan tujuan menghijaukan Indonesia kembali. Khususnya di Kaltim hutannya sudah habis.

Usai lakukan penanaman pohon, kader PDI Perjuangan Kaltim dan Balikpapan foto bareng di lokasi acara.

“Dulu ditebang-tebang sehingga ketika hujan datang, banjir karena tidak ada yang menyimpan air. Kalau musim kemarau, kebakaran lahan dan hutan. Jadi, saya kira kita harus menjaga lingkungan kita ini,” jelasnya.

Dia menambahkan, apa yang dilakukan beberapa puluh tahun yang lalu dirasakan sekarang. Nah, kewajiban semua pihak untuk mengembalikan itu semua, supaya anak cucu ke depan tidak merasakan apa yang dirasakan sekarang ini.

“Semua tempat-tempat gundul, tidak ada pohon-pohon, cuaca panas, banjir, itu memang,” sesal Safaruddin.

Menurutnya, kegiatan penanaman pohon ini merupakan kegiatan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati HUT ke-47 PDI Perjuangan. Dan kegiatan penanaman pohon ini sudah dicanangkan beberapa bulan lalu.

Terkait pemeliharaan, Safaruddin menyerahkan kepada kader DPC PDI Perjuangan, khususnya DPC PDI Perjuangan Balikpapan. Jadi, jangan hanya menanam saja, tetapi juga pemeliharaannya juga harus dilakukan agar pohon yang ditanam benar-benar bisa tumbuh maksimal.

“Untuk kegiatan hari ini ada sekitar 150 pohon kita tanam di lahan ini. Di Kaltim, kegiatan penanaman pohon dipusatkan di Balikpapan. Beberapa bulan lalu di Samarinda,” ungkap Safaruddin.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here